RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT 365 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Elsa Millenia Arifianti Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Masa pandemi covid-19 mengakibatkan sektor pendidikan  terkena dampaknya. Yang menyebabkan penutupan sekolah dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara pembelajaran jarak jauh. SMA Negeri 15 Surabaya menggunakan aplikasi microsoft 365 pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengunaan aplikasi microsoft 365 pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa   kelas X SMA Negeri 15 Surabaya yang berjumlah 427 siswa. Dengan jumlah sampel sebanyak 213 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.ndikator yang terdapat didalam instrumen yakni mengenai bagaimana penggunaan aplikasi microsoft 365 selama pembelajaran PJOK dimasa pandemi covid-19, dan bagaimana guru mampu mengkondisikan pembelajaran PJOK menggunakan aplikasi microsoft 365 dimasa pandemi covid-19. Dengan instrumen penelitian berjumlah 20 pernyataan, dibagikan melalui google form. Analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni 23% siswa sangat setuju, 45% siswa setuju, 24% siswa cukup setuju, 6% siswa kurang setuju, dan 2% siswa tidak setuju. Dengan demikian dinyatakan bahwa sebagian besar siswa di SMA Negeri 15 Surabaya setuju terhadap penggunaan aplikasi microsoft 365 pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dimasa pandemi covid-19. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi microsoft 365 mempunyai keunggulan bagi pembelajaran PJOK dimasa pandemi covid-19 yaitu mempermudah komunikasi antara guru dan siswa agar mendapatkan informasi dengan baik saat pembelajaran.

Kata Kunci: respon siswa; pembelajaran PJOK; microsoft 365

Abstract

The COVID-19 pandemic has impacted the education sector. Which causes school closures, and teaching and learning activities are carried out by distance learning. SMA Negeri 15 Surabaya uses the Microsoft 365 application during learning. This study aims to determine student responses to using the Microsoft 365 application in learning Physical Education, Sports, and Health during the COVID-19 pandemic. This study uses a descriptive analysis method with a quantitative approach. The population of this study was students of class X SMA Negeri 15 Surabaya, amounting to 427 students. A total sample of 213 students was selected using the purposive sampling technique. The indicators contained in the instrument are about how to use the Microsoft 365 application during PJOK learning during the covid-19 pandemic and how teachers can condition PJOK learning using the Microsoft 365 application during the covid-19 pandemic. With research instruments totaling 20 statements, distributed via a google form. Analysis of the data used is descriptive statistical analysis. The results of this study are that 23% of students strongly agree, 45% of students agree, 24% of students entirely agree, 6% of students do not agree, and 2% of students do not agree. Thus, most SMA Negeri 15 Surabaya students decide to use the Microsoft 365 application to learn Physical Education, Sports, and Health during the COVID-19 pandemic. Therefore, it can be concluded that using the Microsoft 365 application has advantages for PJOK learning during the covid-19 pandemic, namely facilitating communication between teachers and students to get good information during education.

Keywords: student reponse; learning physical education sports and health; microsoft 365

 

Published
2022-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 32