PENGARUH PENGGUNAAN PONSEL PINTAR TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA SMKN DI LAMONGAN

  • Ahmad Zamroni Fadlil Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan ponsel pintar terhadap aktivitas fisik siswa SMKN di Lamongan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 1 Lamongan dengan populasi berjumlah 1033 siswa dan penelitian ini mengambil sampel sejumlah 91 siswa dari siswa kelas sepuluh dan siswa kelas sebelas tahun ajaran 2021/2022 sesuai hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan derajat kepercayaan 90%. Dan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji deskriptif, uji normalitas serta uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian, menunjukkan jika hasil olah data angket penggunaan ponsel pintar mendapat nilai rata-rata 19,24 apabila mengacu pada distribusi frekuensi penggunaan ponsel pintar masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada olah data angket aktivitas fisik mendapatkan nilai rata-rata 6,95 apabila mengacu pada distribusi frekuensi aktivitas fisik maka masuk kedalam kategori sedang. Dari hasil olah data uji korelasi product moment diperoleh hasil bahwa tidak adanya keterkaitan antara penggunaan ponsel pintar dengan aktivitas fisik siswa yang ditunjukan dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,625 < 0,05. Dan menurut nilai korelasi  0,052 termasuk dalam klasifikasi rendah. Berdasarkan dari hasil uji korelasi product moment dan nilai korelasi dapat disimpulkan bahwa, penggunaan ponsel pintar tidak mempengaruhi aktivitas fisik siswa. Kecilnya nilai korelasi dapat menjelaskan bahwa penggunaan ponsel tidak menjadi faktor utama dalam mempengaruhi aktivitas fisik para siswa.

Kata Kunci: ponsel pintar; aktivitas fisik; siswa

Abstract

This studied aims to determine whether there is an effect of using smartphones on the physical activity of SMKN students in Lamongan. The approach used in this studied is a quantitative approach with a correlational method. This studied took place at SMK Negeri 1 Lamongan with a population of 1033 students and this studied took a sample of 91 students from tenth-grade students and eleventh graders for the 2021/2022 academic year according to the results of calculations using the Slovin formula with a degree of confidence of 90%. And this studied used descriptive test analysis techniques, normality test, and product-moment correlation test. The results of the studied show that the results of the questionnaire data processing on the use of smartphones get an average value of 19.24 when referring to the distribution of the frequency of using smartphones in the high category. Meanwhile, the physical activity questionnaire data obtained an average value of 6.95 when referring to the distribution of the frequency of physical activity, it was included in the medium category. From the results of the product-moment correlation test data, it was found that there was no relationship between the use of smartphones and the physical activity of students as indicated by the significance value (2-tailed) of 0.625 <0.05. And according to the correlation value of 0.052, it is included in the low classification. Based on the results of the product-moment correlation test and the correlation value, it can be concluded that the use of smartphones does not affect students' physical activity. The small correlation value can explain that the use of mobile phones is not a major factor in influencing the students' physical activity.

Keywords:   smartphone; physical activity; student

Published
2022-03-07
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 49