MINAT SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING PJOK

  • Tasya Shalsabila Ramadhina Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dampak pandemi Covid-19 memberikan pengaruh khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran PJOK kegiatan pembelajaran akan lebih banyak melakukan keterampilan gerak untuk menumbuhkan kesehatan dan kebugaran siswa. Dengan adanya pandemi proses pembelajaran dilakukan secara daring. SMA Negeri 15 adalah salah satu instansi pendidikan yang menggunakan pembelajaran daring dengan platform Microsoft Teams. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring dengan menggunakan media platform Microsoft Teams. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 dan X MIA 8 sebanyak 71 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket yang didalamnya memiliki indikator terkait perhatian siswa, keinginan siswa, dan cara penggunaan Microsoft Teams, lalu diaplikasikan melalui Forms yang ada di dalam Microsoft Teams. Teknik analisa data dengan analisis statistik deskriptif menggunakan IBM SPSS version 25.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan minat siswa terhadap penggunaan Microsoft Teams dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring yaitu dalam kategori sedang sebesar 42,34%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring PJOK dengan menggunakan Microsoft Teams mempermudah siswa untuk pengumpulan tugas teori tetapi tidak untuk tugas praktik, karena lebih mudah dilakukan secara tatap muka, selain itu Microsoft Teams mudah diakses, dan memudahkan dalam proses pembelajaran PJOK secara daring.

Kata Kunci: minat; Microsoft Teams; pembelajaran daring

Abstract

The Covid-19 pandemic brings some impacts, especially in the learning process. In PJOK learning, learning activities will involve more movement skills to grow students' health and fitness. With the pandemic, the learning process is carried out online. SMA Negeri 15 is an educational institution that uses online learning with the Microsoft Teams platform. This study aimed to determine students' interest in participating in online PJOK learning using the Microsoft Teams media platform. The subjects in this study were class X MIA 3 and X MIA 8, with as many as 71 respondents. This study uses a descriptive analysis method with a quantitative approach. The sampling technique used the simple random sampling technique. The data collection technique uses an instrument in the form of a questionnaire that contains indicators related to student attendance, student desires, and how to use Microsoft Teams, then applied through Forms in Microsoft Teams. The data analysis technique was descriptive statistical analysis using IBM SPSS version 25.0. The results of this study, showed that students' interest in using Microsoft Teams in participating in online PJOK learning was in the moderate category of 42.34%. This study concludes that PJOK online learning using Microsoft Teams makes it easier for students to collect theoretical assignments, but not practical lessons, because it is easier to do face-to-face besides that Microsoft Teams are easily accessible and facilitates the online PJOK learning process.

Keywords: interest; Microsoft Teams; online learning

Published
2022-03-07
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 73