IDENTIFIKASI AKTIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS 10 SMA NEGERI 3 JOMBANG

  • Nazar Rohmat Awaluddin Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui kegiatan aktivitas gerak peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) secara daring pada saat pandemi di SMAN 3 Jombang. Dari seluruh peserta didik kelas X SMAN 3 Jombang yang berjumlah 163, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan penyebaran angket atau kuisioner dengan indikator instrumen memiliki 3 komponen yaitu kesadaran, kehadiran dan melakukan aktifitas gerak PJOK dan indikator pertanyaan 3 komponen yaitu kejujuran, kebugaran dan kepedulian  sebagai metode survey dalam pengumpulan data dari setiap individu peserta didik saat melaksanakan pembelajaran PJOK pada saat pandemi berlangsung dengan melakukan aktivitas gerak yang diajarakan kepada guru PJOK untuk menjaga kebugaran jasmani, dengan menggunakan kuesioner yang telah disebarkan secara virtual. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan  bahwasanya aktivitas gerak dalam pembelajaran PJOK secara daring di SMAN 3 Jombang termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai 3,20. Dan yang bersungguh-sungguh dan semangat mengikuti pembelajaran PJOK secara daring masuk ke dalam kategori cukup memiliki nilai persentase 53%. Peserta didik lebih meningkatkan antusias dan partisipasinya dalam mengikuti pembelajaran PJOK dengan baik selama masa pandemi. Pembelajaran PJOK mempunyai peran penting dalam memperkuat imun, kesehatan dan kebugaran tubuh pada masa pandemi. Katagori cukup yang memiliki frekuensi 87 peserta didik. Dapat disimpulkan  bahwa aktivitas gerak pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 3 Jombang  mayoritas melaksanakan  dengan “Tinggi” atau minimal kategori “Cukup”.

Kata Kunci: daring; aktivitas gerak; pembelajaran PJOK

Abstract

The purpose of this study was to determine the existence of student movement activities towards online learning of Physical Education, Sports, and Health (PJOK) during a pandemic at SMAN 3 Jombang. Of all the 163 class X SMAN 3 Jombang students, this research is a descriptive quantitative study with the distribution of questionnaires or questionnaires with instrument indicators having 3 components, namely awareness, presence and doing PJOK movement activities and question indicators with 3 components, namely honesty, fitness and caring. as a survey method in collecting data from each individual student when carrying out PJOK learning during the pandemic by carrying out movement activities taught to PJOK teachers to maintain physical fitness, using questionnaires that have been distributed virtually. Based on the results of research that has been carried out, movement activities in online PJOK learning at SMAN 3 Jombang are included in the sufficient category with an average value of 3.20. And those who are serious and enthusiastic about participating in online PJOK learning are included in the sufficient category, having a percentage value of 53%. Students increase their enthusiasm and participation in participating in PJOK learning well during the pandemic. PJOK learning has an important role in strengthening immunity, health and body fitness during a pandemic. The sufficient category has a frequency of 87 students. It can be concluded that the majority of physical education learning movement activities at SMA Negeri 3 Jombang carry out the "High" or at least "Enough" category.

Keywords: online; movement activities; learning PJOK

 

Published
2022-03-08
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 24