SURVEI SARANA DAN PRASARANA PJOK DI SMA NEGERI KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO

  • Achmad Ibrahim Arna Atangana Universitas Negeri Surabaya
  • Bernard Djawa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan mata pelajaran wajib yang harus diajarkan di sekolah yang ada di Indonesia. Sarana dan prasarana PJOK merupakan hal yang wajib dimiliki di sekolah. Dalam mencapai pembelajaran PJOK yang efektif memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana PJOK merupakan peralatan yang digunakan sebagai alat  bantu untuk menunjang tercapainya pembelajaran yang efektif. Sarana dan prasarana berpengaruh penting untuk memperoleh aktivitas gerak peserta didik yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana PJOK SMA Negeri di Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan survei langsung di lapangan untuk melakukan pengambilan data. Pengambilan data menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani Olahraga Indonesia (PDPJOI) untuk mengetahui nilai dan kategori ketersediaan sarana dan prasarana olahraga dengan memperhitungkan luas lahan, prasarana dan sarana, jumlah siswa dan kelas. Sampel penelitian ini memiliki 4 populasi SMA Negeri yang berada di Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Dari hasil survei dan hasil olah data dari 4 sekolah terdapat satu sekolah yang mendapatkan kategori “A” yaitu SMAN 2 Bojonegoro dan tiga sekolah mendapatkan kategori “B” yaitu SMAN 1 Bojonegoro, SMAN 3 Bojonegoro, dan SMAN 4 Bojonegoro.  Dengan rata-rata nilai 190 kategori B (Baik). Dapat disimpulkan dari hasil survei menggunakan instrumen PDPJOI untuk sarana dan prasarana PJOK SMA Negeri di Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro memiliki perkembangan yang baik dengan mendapatkan rata-rata nilai 190 termasuk dalam kategori B (Baik).

Kata Kunci: PJOK; sarana dan prasarana; survei

Abstract

Physical education in sports and health (physical education) are compulsory subjects to be taught in all schools in Indonesia. Infrastructure and facilities are a must for any school. In achieving practical skills, the study requires adequate resources and targets. Infrastructure and facilities for physical education are used as tools to support effective learning. Infrastructure and facilities are essential to obtaining maximum student activity. This study aimed to know the availability of existing means and infrastructure in every public high school in Dist. Bojonegoro, Bojonegoro City. This study uses quantitative research methods by conducting a direct survey to collect data. Data collection uses Indonesian physical education and sports data instruments (PDPJOI) tools to determine the value and category of the availability of sports facilities and infrastructure by taking into account land area, infrastructure and facilities, number of students and classes. The sample of this study has four populations of public high schools located in Dist. Bojonegoro, Bojonegoro City. From the results of the survey along with the results of data processing conducted in 4 schools, there is one school that gets category "A" that is SMAN 2 Bojonegoro, and three schools get category "B," those are SMAN 1 Bojonegoro, SMAN 3 Bojonegoro, and SMAN 4 Bojonegoro. It has an average score of 190 category B (Good). The result of the PDPJOI survey for the availability of tools and infrastructure physical education in every public high school in Dist. Bojonegoro, Bojonegoro City has a good development by getting an average value of 190 category B (Good).

Keywords: physical education; infrastructure and facilities; survey

Published
2022-03-28
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 66