MOTIVASI SISWA SMA NEGERI 3 SIDOARJO DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Qisthosyi Qurnul Isyrin Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penyebaran covid-19 yang terjadi di Indonesia pada awal Maret tahun 2020 mengharuskan para siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi yang dimiliki siswa terkait pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Jumlah seluruh populasi sebanyak 1.530 siswa dengan sampel 196 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket motivasi dari penelitian terdahulu yang telah diuji validitas dengan nilai r sebesar 0,292 - 0,589, r-tabel sebesar 0,291 dan dinyatakan valid, sebanyak 19 butir pernyataan dengan tiga indikator pengukur, yaitu keinginan pengembangan bakat, rasa ketertarikan, dan pergerakan yang dilakukan pada saat pembelajaran secara online yang disebarkan melalui google forms. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif statistik dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 22.0. Berdasarkan penelitian dengan tiga indikator, didapatkan hasil yaitu persentase untuk indikator keinginan mengembangkan bakat didapatkan sebesar 55,6%, indikator rasa ketertarikan dan semangat sebesar 63,8%, dan indikator gerakan pada pembelajaran PJOK yang mudah diikuti diperoleh persentase sebesar 48,5%. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa di SMA Negeri 3 Sidoarjo berada pada kategori tinggi selama pembelajaran secara online pada masa pandemi covid-19.

 

Kata Kunci: motivasi; mata pelajaran PJOK; pandemi covid-19

Abstract

The spread of covid-19 that occurred in Indonesia in early March 2020 required students to learns online. This research conducted with the aim to know the motivations of students regarding PJOK learning during the covid-19 pandemic. The type of research used is descriptive quantitative with survey methods. There were 196 respondents from total 1.530 populations who participated in research. Sampling using cluster random sampling technique. The instrument used is a motivational questionnaire from previous research that has been tested for validity with an r value of 0.292 - 0.589, an r-table of 0.291 and declared valid, as many as 19 statements with three measuring indicators, namely the desire to develop talent, a sense of interest, and the movement made during online learning which is spread via google forms. The analytical technique used in this research is descriptive statistics with the help of the IBM SPSS version 22.0 application. Based on research with three indicators, the results obtained are the percentage for the desire to develop talent indicator is 55.6%, the interest and enthusiasm indicator is 63.8%, and the movement indicator in easy-to-follow PJOK learning is 48.5%. So overall it can be concluded that the level of student motivation at SMA Negeri 3 Sidoarjo is in the high category during online learning during the covid-19 pandemic.

Keywords: motivation; PJOK subjects; covid-19 pandemic

Published
2022-04-06
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 46