IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI UPT SDN 216 GRESIK PADA ERA PANDEMI COVID-19

  • Moh. Nur Faizi Salim Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan pemegang peranan utama dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam kondisi pandemi seperti ini sedikit banyak pasti memberikan dampak terhadap kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian motivasi belajar siswa menjadi hal yang sangat penting saat melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada era pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa UPT SDN 216 Gresik dengan sampel penelitian siswa kelas IV.  Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 37 sampel, yang meliputi 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar PJOK dengan indikator motivasi intrinsik meliputi sub indikator keterampilan, bakat dan minat, selain itu indikator motivasi ekstrinsik dengan sub indikator lingkungan, sarana prasarana, keluarga dan juga guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PJOK di UPT SDN 216 Gresik cukup berhasil. Karena dilihat dari data yang ada, terdapat 11 siswa dari 37 siswa yang memiliki motivasi belajar PJOK dalam kategori rendah. Sedangkan 26 siswa memiliki tingkat motivasi belajar dengan kategori sedang dan tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar PJOK siswa kelas IV UPT SDN 216 Gresik termasuk dalam kategori “sedang” baik ditinjau dari faktor intrinsik maupun faktor ekstrinsik.

Kata Kunci: motivasi belajar; pembelajaran PJOK; pandemi covid-19

Abstract

Education is the holder of a major role in improving the quality of human resources. The pandemic situation nowadays will more or less have an impact on the quality of the teaching and learning process in schools. Thus, student learning motivation becomes very important when carrying out online learning. This study aims to determine the level of student motivation in learning PJOK in the Covid-19 pandemic era. This study uses descriptive research methods by using a non-experimental quantitative approach.  The population in this study is the fourth-grade students of UPT SDN 216 Gresik. The sampling technique uses purposive sampling with a total of 37 samples, including 20 male students and 17 female students. The data collection is taken by using an instrument in the form of a PJOK learning motivation questionnaire which consists of intrinsic motivation indicator with sub indicator of skill, talent, and interest and also extrinsic motivation indicator with sub indicator of environment, infrastructure, family, and teacher. The result obtained from this study indicates that the PJOK learning activity at UPT SDN 216 Gresik qualifies successful. It can be seen from the data that there are 11 students out of 37 students who have a low motivation category in learning PJOK. Meanwhile, there are 26 students who are motivated to learning PJOK with medium and high categories. The conclusion in this study is that the PJOK learning motivation of the fourth-grade students at UPT SDN 216 Gresik is in the "moderate" category, reviewed from both intrinsic and extrinsic factors.

Keywords: motivation to learn; PJOK learning;  pandemic covid-19  

Published
2022-04-06
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 53