PENERAPAN PERMAINAN KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN GERAK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA DI SMPN 26 SURABAYA

  • Moh Yahya Universitas Negeri Surabaya
  • Sasmita Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Secara umum, Pendidikan Jasmani Olahraga serta Kesehatan (PJOK) yakni suatu mata pelajaran dimana terdapat di sekolah. Pada Pembelajaran PJOK terdapat beberapa kegiatan fisik dimana dilibatkan untuk memenuhi kebutuhan gerak. Menindaklanjuti surat edaran dari Pemerintahan Kota Surabaya mengenai Panduan Terselenggaranya Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Sekolah mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas. Pembelajaran PJOK sangat berperan penting apalagi pada masa pandemi seperti ini. Permainan kecil bisa menjadi salah satu pilihan untuk dimasukkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah Penerapan Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa Pada Kegiatan Belajar PJOK Terhadap Siswa di SMPN 26 Surabaya. Metode penelitian berikut dengan jenis eksperimen semu melalui pendekatan kuantitatif, serta desain yang digunakan One Group pre-test-post-test, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa. Data terkumpul dengan menggunakan analisis video melalui instrumen Analisa Proporsi Fokus (APF). Berdasarkan hasil menerapkan permainan kecil untuk meningkatkan keaktifan gerak pada kegiatan belajar PJOK terhadap siswa SMPN 26 Surabaya menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar gerak dalam waktu belajar setelah dan sesudah diberikan perlakuan sebesar 9,098%. Melalui hitungan statistik manual serta program IBM Statistical Package For the Social Scinces (SPSS), didapat nilai Z yang merupakan salah satu uji statistik yang pengujiannya didekati dengan distribusi normal diperoleh nilai sebesar -4,999. Sig. diperoleh nilai 0,00 maka dinyatakan 0,00 0,05, sehingga terdapat pengaruh secara signifikan pada keaktifan gerak siswa saat mengikuti pembelajaran PJOK sebelum serta setelah diberi perlakuan. Kesimpulannya dalam pemberian perlakuan penentuan permainan kecil yang diterapkan sangat menentukan aktivitas belajar gerak dalam alokasi waktu belajar yang diberikan.

Kata Kunci: permainan kecil, keaktifan gerak, pandemi

Abstract

Physical Education, Sports and Health (PJOK) is a school subject. In PJOK learning, several physical activities are involved in fulfilling movement needs. The Covid-19 pandemic has changed the world of National Education. They are following up on a circular letter from the Surabaya City Government regarding the Guidance for The Implementation of Learning during the Covid-19 Pandemic. Schools began to implement Face-to-Face Learning on a limited basis. PJOK learning plays a very important role, especially during a pandemic like this. Small games can be one of the options to include in learning activities. The purpose of this study is the Application of Small Games to Increase The Activeness of Student Movement in PJOK Learning Activities towards Students at SMPN 26 Surabaya. The following research methods with pseudo-experimental types through quantitative approaches, and the design used by One Group pre-test-post-test, the number of samples used as many as 35 students. Data is collected using video analysis through the Focus Proportion Analysis (APF) instrument. The results of applying small games to increase the activeness of movement in PJOK learning activities for SMPN 26 Surabaya students showed an increase in motion learning activities in study time after and after being given treatment by 9.098%. Through manual statistical calculations and the IBM Statistical Package For the Social Sciences (SPSS) program, a Z value was obtained one of the statistical tests whose tests were approached with a normal distribution obtained a value of -4,999. Sig. Obtained a value of 0.00 then stated 0.00 0.05, so that there is a significant influence on the activeness of student movement when taking PJOK learning before and after being given treatment. The conclusion is that determining the small game that is applied will determine the movement learning activities in the allocation of the given learning time.

Keywords: small game, mobile activity, pandemic

Published
2022-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 52