PENERAPAN PERMAINAN MODIFIKASI SOFTBALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MOTORIK DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 26 SURABAYA

  • Galuh Ayu Agustina Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Mengembangkan keterampilan gerak motorik merupakan salah satu tujuan dari pendidikan jasmani, karena kemahiran anak dalam melakukan keterampilan gerak dasar motorik merupakan faktor penentu untuk perkembangan berikutnya. Keterampilan gerak dasar motorik terdiri dari gerak lokomotor (berlari, melompat, berjalan), gerak non lokomotor (menarik, jinjit, melipat dan memutar), gerak manipulatif (melempar, memukul, menendang, menangkap). Permainan softball merupakan salah satu permainan yang mencakup pada macam gerak dasar motorik. Akan tetapi sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai serta peraturan permainan softball yang rumit. Sehingga perlu adanya modifikasi pada permainan softball, yaitu dengan menyederhanakan permainan dalam segi peraturan serta sarana dan prasarana supaya siswa tetap aktif bergerak dalam suasana gembira. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada penerapan permainan modifikasi softball untuk meningkatkan kemampan gerak dasar motorik dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMPN 26 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan one group pretest-postest design, sedangkan instrumen penelitian menggunakan barrow motor ability test. Cara penentuan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik uji-t (t-test) sampel yang sama.  Adapun hasil dari perhitungan uji-t (t-test) pada SPSS, thitung > ttabel (3,645 > 2,03951) dengan nilai Sig. sebesar 0,001 < alpha 0,05 sehingga H0 ditolak, serta peningkatan sebesar 7,55 %. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan permainan modifikasi softball untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar motorik dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMPN 26 Surabaya.

Kata Kunci: modifikasi; softball; gerak dasar motorik

Abstract

Developing motor skills is one of the major purposes of physical education because the students’ fundamental motor skill is the factor that determines their further development. The basic motor skills consist of locomotor movements (running, jumping, walking), non-locomotor movements (pulling, tiptoeing, bending, and twisting), and manipulative movements (throwing, punching, kicking, catching). The softball game covers those motor skills. On the other hand, the school does not have the proper facilities and the softball game’s rule that seems complicated. There should be a modification in implementing softball games by simplifying the rules of the game and its facilities so that the students can play softball happily. This research aims to identify the effect of implementing the modified softball game to improve the eighth-grade students’ motor skills during physical education learning in SMPN 26 Surabaya. The type of this research is quasi-experiment with a quantitative approach. One group pretest-posttest design is being used as the research design. This research also used Barrow Motor Ability Test as the research instrument. This research the cluster random sampling technique, and the data analysis technique used paired samples t-test. The result of the t-test calculation in SPSS is tcount > ttable (3.645 > 2.03951) with the Sig. value is 0.001 < alpha 0.05 so that the H0 is rejected with a 7.55 % increase. From the result, it can be concluded that modified softball games significantly impact games on the basic motor skills development of eighth-grade students in SMPN 26 Surabaya during the physical education learning process.

Keywords: modification; softball; fundamental motor skills


Published
2022-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 174