PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PJOK DAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN

  • Dewi Sukowati Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dalam rangka mempersiapkan generasi emas tahun 2045 yang berkarakter, diperlukan strategi untuk menanamkan pendidikan karakter khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pendidikan karakter dalam PJOK dan pendidikan kepramukaan serta nilai–nilai karakter yang terkandung pada kedua kegiatan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode review literature, dimana terdapat lima tahap (5M). Pertama memahami pokok-pokok pembahasan yang relevan dengan tujuan pembuatan artikel, lalu melakukan identifikasi pada sumber - sumber yang di review dimana diperoleh 30 literatur yang dikerucutkan menjadi 15 literatur utama dari database google, google scholar, Sinta ristekbrin dan sciencedirect, kemudian melakukan analisis isi artikel secara menyeluruh menggunakan sistematika review literature dan asosiasi terhadap hasil yang sudah di review, selanjutnya melakukan penyusunan kalimat-kalimat berdasarkan hasil review dan terakhir melakukan koreksi pada susunan kalimat yang telah dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan proses seumur hidup sehingga perlu dilatih dalam keseharian, PJOK dan pendidikan kepramukaan memiliki tujuan yang sama untuk membentuk karakter peserta didik, Guru PJOK dan Pembina Pramuka memiliki andil dalam mengintegrasikan pendidikan karakter di setiap aktifitas dimulai dengan menjadi teladan bagi peserta didik, serta PJOK dan pendidikan kepramukaan dapat menjadi sarana  dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Kesimpulannya adalah PJOK dan pendidikan kepramukaan dapat menjadi strategi untuk menanamkan pendidikan karakter di sekolah.

Kata Kunci: pendidikan karakter;PJOK;pendidikan kepramukaan

Abstract

In order to prepare for golden generation of 2045 with character, strategy is needed for instill character education in school. This research aims to uncover character education in PJOK and scouting education and character values in both activities. This study used literature review method, there were has five stages (5M). First it was comprehend the subject that relevant with the article purpose, then identify the sources that had been reviewed, where it has been obtained 30 literatures that has been reduced to 15 main literatures from google, google scholar, Sinta ristekbrin and sciencedirect databased, then analyzed the article up to exhaustive use systematic review literature and associated the result that has been reviewed, and did the preparation of the sentences based on result of the review and the last make correction to the arrangement of the sentences that has ben made. The result of the study is about character education which is a longlife process, so it needs to be trained in daily life, PJOK and scouting education have some goals to forming student character, PJOK teacher and scout coaches have a role in integrating character education in every activities starting with being a role model for students, and PJOK and scouting education can be a tool to forming character values to student. The conclusion is PJOK and scouting education can be strategic to forming character education in school.

Keywords: character education ;physical education,sport and healthy; scouting education

Published
2022-04-22
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 140