MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SMK IPIEMS SURABAYA

  • Muhammad Iqbal Syah Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) saat ini dilakukan menggunakan sistem daring. Banyak peserta didik dan guru mengharuskan penggunaan alat komunikasi untuk melakukan kegiatan belajar. Adapun kendala yang sering terjadi seperti keterbatasan kuota internet yang digunakan untuk mengakses pembelajaran. Hal tersebut dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan yang memengaruhi motivasi belajar siswa kelas XI di SMK IPIEMS Surabaya selama pembelajaran PJOK daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode survei. Indikator dari survei yang digunakan, yaitu perhatian, rasa tertarik, aktivitas, sekolah, keluarga, dan lingkungan. Populasinya adalah seluruh kelas XI SMK IPIEMS Surabaya yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 122 siswa. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling, kelas yang terambil adalah kelas XI Multimedia 1 SMK IPIEMS terdiri dari 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket serta alat ukur kuesioner dengan hasil uji validitas 0,195 dan reliabilitas 0,866. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik sebesar 10%, Selain itu, nilai dari motivasi belajar untuk faktor intrinsik sebesar 0,500 dan faktor ektrinsik sebesar 0,497. Maka, dapat disimpulkan bahwa faktor intrinsik  (perhatian, tertarik, dan aktivitas) lebih dominan memengaruhi motivasi belajar siswa kelas XI di SMK IPIEMS Surabaya selama pembelajaran PJOK daring karena nilai motivasi belajar faktor intrinsik lebih besar dibandingkan dengan faktor ekstrinsik.

Kata Kunci: motivasi; PJOK; daring

Abstract

Learning Physical Education, Sports, and Health (PJOK) is currently being taught online. Many students and teachers require to use communication tools to carry out learning activities. The obstacles often occur due to the limited internet quota used to access learning. This can affect students' learning motivation. Intrinsic and extrinsic factors influence student learning motivation. This study aimed to determine the dominant factors that influence the learning motivation of class XI students at SMK IPIEMS Surabaya during online PJOK learning. This research is a quantitative descriptive research and survey method. The indicators from the survey used are attention, interest, activity, school, family, and environment. The population is all class XI SMK IPIEMS Surabaya consisting of 4 classes with 122 students. The sample used is simple random sampling. The class taken is class XI Multimedia 1 SMK IPIEMS composed of 31 students. They collect data using a questionnaire and a questionnaire measuring instrument with validity test results of 0.195 and reliability of 0.866. Data were analyzed using simple linear regression analysis. This study indicates that the coefficient of determination of the intrinsic and extrinsic factors was 10%. In addition, the value of learning motivation for the intrinsic factor was 0.500 and the extrinsic factor was 0.497. So, it can be concluded that intrinsic factors (attention, interest, and activity) are more dominant in influencing the learning motivation of class XI students at SMK IPIEMS Surabaya during online PJOK learning because the intrinsic value of learning motivation is greater than extrinsic factors.

Keywords: motivation; PJOK; online

Published
2022-04-26
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 46