SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMK SWASTA SE-KECAMATAN MULYOREJO SURABAYA
Abstract
Abstrak
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah mata pelajaran di sekolah yang berhubungan dengan aktivitas fisik peserta didik. Ketersediaan sarana dan prasarana menjadi faktor terpenting pada keterlaksanaan pembelajaran PJOK agar tidak menghambat proses pembelajaran, maka sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana PJOK dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan serta ketersediaan sarana dan prasarana PJOK yang ada di sekolah pada tingkat SMK Swasta se-Kecamatan Mulyorejo Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, peneliti melakukan survei pengambilan data untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana PJOK secara lengkap di lapangan. Instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI) digunakan oleh peneliti untuk pengambilan data dengan subjek penelitian yang terdiri dari tiga SMK Swasta se-Kecamatan Mulyorejo Surabaya yaitu SMK IPIEMS Surabaya, SMK Gama Cendikia Surabaya dan SMK PGRI 4 Surabaya. Hasil dari penelitian kemudian diolah secara otomatis menggunakan bantuan dari microsoft excel. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana SMK Swasta se-Kecamatan Mulyorejo Surabaya mendapatkan nilai rata-rata 106,7 dari nilai maksimum 250, sehingga masuk dalam kategori Cukup. Setelah dilakukan rekapitulasi data pada instrumen PDPJOI, maka dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana PJOK tingkat SMK Swasta se-Kecamatan Mulyorejo Surabaya masuk dalam kategori Cukup.
Kata Kunci: sarana; prasarana; PJOK; instrumen PDPJOI
Abstract
Physical Education, Sports and Health (PJOK) are subjects in schools that are related to the physical activity of students. The availability of facilities and infrastructure is the most important factor in the implementation of PJOK learning so as not to hinder the learning process, so schools must provide PJOK facilities and infrastructure as well as possible. This study aims to determine the completeness and availability of PJOK facilities and infrastructure in schools at the level of Private Vocational Schools in the Mulyorejo District of Surabaya. The method used in this research is descriptive research with a quantitative approach, the researchers conducted a data collection survey to determine the complete availability of PJOK facilities and infrastructure in the field. The Indonesian Physical Education and Sports Database Instrument (PDPJOI) was used by researchers to collect data with research subjects consisting of three private vocational schools throughout the Mulyorejo district of Surabaya, namely SMK IPIEMS Surabaya, SMK Gama Cendikia Surabaya and SMK PGRI 4 Surabaya. The results of the research are then processed automatically using the help of Microsoft Excel. Based on the results of data analysis, it shows that the availability of facilities and infrastructure for private vocational schools in the Mulyorejo sub-district of Surabaya has an average score of 106.7 from a maximum value of 250, so it is included in category enough. After recapitulation of data on the PDPJOI instrument, it can be concluded that the availability of PJOK facilities and infrastructure at the level of Private Vocational Schools throughout the Mulyorejo District of Surabaya is in category enough.
Keywords: facilities; insfrastructure; PJOK; PDPJOI instrument
Downloads

