HUBUNGAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI

  • Diah Setyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Minat siswa dalam belajar merupakan sebagian kecil dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani siswa pada materi pelajaran yang diajarkan. Minat belajar siswa di SMA Al-Azhar Menganti dapat dikatakan menurun akibat adanya dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa di SMA Al-Azhar Menganti Gresik yang berjumlah 616 siswa. Pemilihan sampel mengunakan teknik accidental sampling dimana sampel tersebut cocok digunakan sebagai subjek untuk mengambil data yakni siswa yang menggunakan pakaian seragam olahraga dengan jumlah 55 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes MFT untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dan angket minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dari peneliti sebelumnya berjumlah 28 item pernyataan dengan beberapa indikator yang meliputi perhatian, perasaan senang, aktivitas, peranan guru, dan fasilitas. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik spearman rho dengan signifikansi sebesar 0,045 < 0,05 dan tingkat koefisien korelasi sebesar 0,272. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani, dan besarnya kontribusi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani di SMA Al-Azhar Menganti Gresik sebesar 7,3984%.

Kata Kunci: Minat Siswa, Kebugaran Jasmani, Pembelajaran PJOK.

Published
2022-11-10
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 132