SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PJOK DI SMP/MTS SE-KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN

  • Anggraeni Oktrivita Dwi Mutia Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) adalah merupakan metode pembelajaran tentang pentingnya pola hidup sehat, sportivitas, gerak sosial, dan pembentukan karakter lewat aktivitas jasmani. Tujuan pendidikan nasional tertera pada UU RI No 20 Tahun 2023 adalah menaikan potensial siswa sebagai insan yang memiliki iman dan beribadah pada tuhan maha esa, berbaik budi, bugar, berakal, ahli, memiliki daya cipta, independen dan menjadi masyarakat yang demokratis juga memiliki tanggung jawab guna memenuhi tujuan pendidikan nasional. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 sarana adalah fasilitas pelengkap kegiatan belajar yang bisa dipindahkan dan prasarana adalah media dalam melakukan peranan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan keadaan yang nyata pada sarana dan prasarana di SMP/MTs Se-Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif serta menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini merupakan SMP/MTs Se-Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban yang berjumlah 10 ekolah. Instrumen yang dipakai yaitu angket Pangkalan Data PJOK dan Olahraga. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada artikel ini diketahui bahwa ketersediaan sarana dan prasarana olahraga di SMP/MTs Se-Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban ada 3 sekolah mendapat kategori “A”. Secara keseluruhan, rata-rata ketersediaan sarana dan prasarana di sepuluh sekolah SMP/MTs Se- Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, sebesar 55% mendapat kategori “C” (cukup). Sehingga dapat ditarik kesimpulan menurut instrumen PDPJOI masuk dalam kategori “C” atau Cukup sedangkan menurut Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 masuk dalam kategori tidak standar.

Kata Kunci: instrumen PDPJOI; sarana dan prasarana SMP/MTs; PJOK

Abstract

 

Physical education, sports and health (PJOK) is a learning method about the importance of a healthy lifestyle, sportsmanship, social movement, and character building through physical activity. The goal of national education stated in RI Law No. 20 of 2023 is to increase the potential of students as human beings who have faith and worship God Almighty, be kind, fit, intelligent, skilled, creative, independent, and become a humanizing society that also has responsibilities. Responsible for meeting national education goals. Regulation of the Minister of Education and Culture Number 81 Facilities are complementary facilities for learning activities that can be moved and infrastructure is media in carrying out the role of schools. This study aims to provide real conditions for facilities and infrastructure in SMP/MTs throughout the Plumpang District, Tuban Regency. This study uses a quantitative descriptive and survey method. The population in this study was SMP/MTs in the Plumpang District, Tuban Regency, totaling 10 schools. The instruments used were PJOK and Sports Database Questionnaires. Based on the results and discussion in this article, it is known that the availability of sports facilities and infrastructure in SMP/MTs throughout the Plumpang District, Tuban Regency, there are 3 schools that receive the "A" category. Overall, the average availability of facilities and infrastructure in ten SMP/MTs schools in the Plumpang District, Tuban Regency, is 55%, which is in the category "C" (enough). So that it can be concluded that the PDPJOI instrument is included in the "C" or Enough category, while according to Permendiknas Number 24 of 2007 it is included in the non-standard category.

Keywords: PDPJOI instruments; facilities and infrastructure; physical education of sports and health

 

Published
2022-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 21