FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER FUTSAL: ANALISIS PERBEDAAN GENDER

  • David Chandra Wiguna Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Ekstrakurikuler futsal menjadi bagian penting untuk mengembangkan bakat, kemampuan, dan keterampilan siswa sesuai minat mereka. Meskipun demikian, tidak semua siswa menyukai olahraga futsal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap ekstrakurikuler futsal dilihat dari analisis perbedaan gender. Sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Surabaya yang berjumlah 101 siswa, terdiri dari siswa putra 40 orang (40,2%) dan siswa putri 61 orang (59,8%). Pada penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan angket melalui google form yang disebarkan kepada responden lalu dari hasil pengisian angket yang sudah diisi responden, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan analisis regresi ganda dan uji Independent Sample T-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap ekstrakurikuler futsal adalah faktor kegiatan, faktor kemampuan, faktor pembina, faktor cedera, faktor dorongan sosial, dan faktor materi. Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat siswa terhadap ekstrakurikuler futsal meliputi; faktor kegiatan, faktor pembina dan faktor dorongan sosial. Pada penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara siswa putra dan siswa putri. Dari data yang sudah dianalisis, terdapat perbedaan minat antara siswa putra dan siswa putri dengan nilai t sebesar 2.186 pada signifikansi 0,031. Siswa putri memiliki minat yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa putra.

Kata Kunci: minat; ekstrakurikuler futsal; gender

Abstract

Futsal extracurricular is an important part of developing students' talents, abilities and skills according to their interests. Even so, not all students like futsal. This study aims to determine the factors that influence students' interest in futsal extracurriculars seen from the analysis of gender differences. The sample in this study used 101 students of class XI SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, consisting of 40 male students (40.2%) and 61 female students (59.8%). In this study, data was collected using a questionnaire via the Google form which was distributed to respondents and from the results of filling out the questionnaire that had been filled in by the respondents, the data was analyzed using the SPSS application with multiple regression analysis and the Independent Sample T-test. The results of this study indicate that the factors that influence students' interest in futsal extracurriculars are activity factors, ability factors, coaching factors, injury factors, social encouragement factors, and material factors. The most dominant factors influencing students' interest in futsal extracurriculars include; activity factors, fostering factors and social encouragement factors. This research shows that there are differences between male students and female students. From the data that has been analyzed, there are differences in interest between male and female students with a t value of 2,186 at a significance of 0.031. Female students have a stronger interest than male students.

Keywords: interests; futsal extracurricular; gender

Published
2022-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 103