PERSEPSI SISWA SMKN TERHADAP KONTEN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ATLETIK

  • Yanuar Iskak Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada dunia pendidikan, media adalah hal yang wajib ada dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMKN terhadap konten video media pembelajaran pada materi atletik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang dipilih peneliti adalah deskriptif kuantitatif. Peneliti memilih SMKN 2 kota Mojokerto sebagai lokasi penelitian dan pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota kelas X seluruh jurusan sebanyak 490 siswa. Sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah anggota sampel yang terambil sebanyak 31 siswa yaitu kelas X TB 2. Instrumen yang digunakan mengadopsi dari peneliti terdahulu. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif serta untuk pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data deskriptif statistik pada persepsi siswa terhadap konten video yang terdiri dari beberapa kategori, antara lain kategori ”Sangat Rendah” sebesar 3% dengan sebanyak 1 responden, berikunya adalah kategori “Rendah” sebesar 29% dengan responden sebanyak 9 siswa. Untuk kategori “Netral” sebesar 39% dengan 12 responden, kategori “Tinggi” sebesar 6 dengan hasil persentase sebesar 19%, sedangkan untuk kategori “Sangat Tinggi” sebesar 10% dengan banyaknya responden 3 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai terbesar yang dicapai dalam penelitian ini yaitu pada kategori “Netral” dengan hasil persentase sebesar 39% dengan frekuensi sebesar 12 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap konten video media pembelajaran pada materi atletik termasuk kedalam kategori Netral. Kategori netral pada penelitian ini berarti peserta didik sebagian tidak terpengaruh dan sebagian lainnya terpengaruh pada beberapa faktor terhadap konten video media pembelajaran pada materi atletik.

Kata Kunci: media pembelajaran; atletik; pendidikan jasmani

Abstract

In the world of education, the media is something that must exist in learning, with the media making it easier to convey the material that will be taught to students. The media used include audio, visual, audio visual and so on. This study has a purpose, namely to determine the perception of SMKN students on the video content of learning media on athletic material. The type of research used is quantitative. The method chosen by the researcher is descriptive quantitative. Researchers chose SMKN 2 Mojokerto city as a place of research or data collection, the total population is members of class X all majors as many as 490 students. The sample used is the type of sample The type of sample used is cluster random sampling. While the sample taken is 31 students, namely class X TB 2. The instruments used were from previous researchers. Analysis of the data used is descriptive quantitative and for data processing using Microsoft Excel. The results showed that from descriptive statistical data on students' perceptions of video content consisting of several categories, including the "Very Low" category of 3% with 1 respondent, the next is the "Low" category of 29% with 9 students as respondents. For the "Neutral" category it is 39% with 12 respondents, the "High" category is 6 with a percentage of 19%, while for the "Very High" category it is 10% with 3 students as respondents. So it can be said that the greatest value achieved in this study was in the "Neutral" category with a percentage of 39% with a frequency of 12 students. So it can be said that students' perceptions of the video media content of athletics learning materials are included in the Neutral category. The neutral category in this study involved some students who were not affected and some were affected by several video content media for learning athletic material.

Keywords: video content; athletic; physical education

Published
2023-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 37