PERAN GURU PJOK DALAM MENINGKATKAN POLA HIDUP SEHAT SISWA DI MASA PANDEMI

  • Indra Darmawan Universitas Negeri Surabaya
  • Vega Candra Dinata Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada akhir tahun 2019 lebih tepatnya pada bulan Desember, telah dihebohkan dengan suatu kejadian yang membuat resah banyak masyarakat di dunia yaitu munculnya Corona Virus Disease atau biasa disebut dengan COVID-19. Seluruh aspek kehidupan seperti bidang ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya serta hal lainnya berubah menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi saat ini, contoh kecilnya yaitu dari pembiasaan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PJOK dalam meningkatkan pola hidup sehat siswa di masa pandemi. Melalui metode/teknik purposive sampling dan menggunakan instrumen angket/kuesioner untuk penyebarannya kepada guru dan siswa SMPN 4 Lamongan, data yang berhasil didapatkan akan diolah oleh peneliti menggunakan Skala Likert dan uji validitas menggunakan korelasi produk momen sehingga hasilnya sebagai bentuk evaluasi kedepannya terkhusus kepada guru PJOK untuk memperhatikan pola hidup sehat siswa di sekolah. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa guru PJOK sangat berperan dalam meningkatkan pola hidup sehat siswa di masa pandemi. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan, maka peneliti memberikan saran-saran sebagai berikut: guru PJOK harus lebih tegas ketika ada siswa yang tidak mentaati aturan sekolah, sekolah menerapkan kantin adiwiyata guna mendukung pola hidup sehat siswa di sekolah, pengajaran yang merata oleh guru PJOK terkhusus materi kesehatan dan pola hidup sehat.

Kata Kunci: peran guru; pola hidup sehat; COVID-19

Abstract

At the end of 2019, more precisely in December, there was an incident that worried many people in the world, namely the emergence of Corona Virus Disease or commonly known as COVID-19. All aspects of life such as the economic, educational, and socio-cultural fields as well as other things change according to the current situation and conditions of the pandemic, a small example is the habit of wearing masks, washing hands with soap, maintaining distance, reducing mobility and avoiding crowds.. The purpose of writing this article is to find out how the role of sports teachers in improving students' healthy lifestyles during the pandemic. Through purposive sampling methods/techniques and using a questionnaire/questionnaire instrumen for distribution to teachers and students of SMPN 4 Lamongan, the data that has been obtained will be processed by researchers using a Likert Scale and validity test using moment product correlation so that the results are a form of future evaluation, especially for sports teacher to pay attention to the healthy lifestyle of students at school. The results of the research that the researchers conducted showed that the sports teacher played a very important role in improving the healthy lifestyle of students during a pandemic. Based on the results of the analysis and conclusions, the researchers provide the following suggestions; sports teachers must be more assertive when there are students who do not obey school rules, schools implement adiwiyata canteen to support students' healthy lifestyles at school, equitable teaching by sports teachers, especially health materials and healthy lifestyles.

Keywords: peran guru; pola hidup sehat; COVID-19

Published
2023-02-03
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 65