IDENTIFIKASI PROSES PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING ANGGOTA MGMP PJOK DI KABUPATEN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Dicky Bayu Dwi Cahyono universitas negeri surabaya
  • Nanang Indriarsa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Selama pandemi Covid-19 proses pembelajaran PJOK dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses pembelajaran PJOK secara daring yang dilakukan oleh anggota MGMP PJOK pada jenjang pendidikan SMAN dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, dimana peneliti memberikan form survei berupa kuesioner dengan pertanyaan meliputi tiga aspek pokok proses pembelajaran yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian melalui google from kepada responden.  Populasi yang digunakan yaitu anggota MGMP PJOK SMAN dan SMA yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah guru PJOK dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan memilih satu guru PJOK dari tiap sekolah. Pada penelitian ini mendapatkan 13 guru anggota MGMP PJOK dari tiap sekolah yang telah melakukan proses pembelajaran PJOK secara daring. Hasil identifikasi pada penelitian ini yaitu pada tahap perencanaan pembelajaran mendapatkan hasil sebesar lebih dari 69,2% responden telah mengembangkan RPP sesuai Pandemi Covid-19 serta lebih dari 38,5% responden telah memberikan bahan ajar sebelum pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran mendapatkan hasil 69,2% menyatakan “sangat setuju” dan 30,8% responden menyatakan “setuju” telah melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal dari sekolah. Pada tahap penilaian pembelajaran diperoleh data bahwa seluruh aspek yang meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif sudah dilaksanakan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran PJOK pada masa pandemi masih bisa dilaksanakan tetapi sedikit mengalami kendala pada tahap penilaian proses pembelajaran.

Kata Kunci: pandemi covid; pembelajaran daring; PJOK

Abstract

During the Covid-19 pandemic the PJOK learning process was carried out online. This study aims to identify the online PJOK learning process carried out by PJOK MGMP members at the high school and high school education levels in Sidoarjo Regency. This type of research is survey research, in which the researcher provides a survey form in the form of a questionnaire with questions covering three main aspects of the learning process, namely the planning stage, the implementation stage, and the assessment stage via Google from to the respondents. The population used is members of MGMP PJOK SMA and SMA in Sidoarjo Regency. The sample used was PJOK teachers with a purposive sampling technique by selecting one PJOK teacher from each school. In this study, 13 PJOK MGMP member teachers from each school had carried out the PJOK learning process online. The identification results in this study were that at the learning planning stage, more than 69.2% of respondents had developed lesson plans according to the Covid-19 Pandemic and more than 38.5% of respondents had provided teaching materials prior to the implementation of learning. At the learning implementation stage, 69.2% stated "strongly agree" and 30.8% of respondents stated "agreed" that they had carried out learning according to the school's schedule. At the learning assessment stage, data was obtained that all aspects which included cognitive, psychomotor and affective aspects had been implemented. The conclusion in this study is that PJOK learning activities during the pandemic could still be carried out but experienced a few problems at the learning process assessment stage..

Keywords: pandemic covid; online method; physical education sport and health

Published
2023-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 37