HUBUNGAN KONSENTRASI DENGAN KETERAMPILAN SHOOTING DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA EKSTRAKURIKULER SMA SWASTA SURABAYA (HANGTUAH 4 & SMA WACHID HASYIM)

  • Muhammad Naufal Hibatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Nanang Indriarsa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Konsentrasi dalam futsal sangat diperlukan terutama hal ini pada saat shooting. Dalam bermain futsal ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain salah satunya yaitu teknik dasar shooting, dan juga diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi agar mendapat hasil tendangan secara optimal. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keterkaitan antara konsentrasi dengan keterampilan shooting dalam permainan futsal pada ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas Swasta Surabaya (Hangtuah 4 & Wachid Hasyim). Desain penelitian ini menggunakan paradigma sederhana mengenai korelasi antar variabel. Bahan penelitian yang digunakan dalam hal ini yaitu dua sekolah swasta yang ada di Surabaya yaitu SMA Hangtuah 4 dan SMA Wachid Hasyim dengan jumlah 40 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler futsal. Teknik grid concentration test dan tes keterampilan shooting futsal menjadi teknik yang digunakan dalam penelitian ini,  yang dilakukan selama 1 kali pertemuan pada setiap sekolah. Menurut hasil dari penelitian, diketahui terdapat hubungan antara konsentrasi dan shooting dalam satu permainan futsal pada ekstrakurikuler di SMA Hangtuah 4 dan SMA Wachid Hasyim, dari hasil penelitian dilakukan uji perhitungan korelasi yang menunjukkan hasil sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antar kedua variable, serta memperoleh hasil koefisien korelasi 0,419, yang berarti tingkat kekuatan hubungan antara kedua variabel cukup kuat.

Kata kunci: konsentrasi; shooting; ekstrakurikuler        

                                                                                      Abstract                                   

Concentration in futsal is needed, especially when shooting. In playing futsal there are several basic techniques that must be mastered by futsal player, one of which is the basic shooting technique, and also requires a high level of concentration in order to get optimal kick results. The purpose of this study was to determine the relationship between concentration and shooting skills in futsal extracurricular activities at private high schools in Surabaya (Hangtuah 4 & Wachid Hasyim). This research design uses a simple paradigm regarding the correlation between variables. The communities used in this study were two private schools in Surabaya, namely SMA Hangtuah 4 and SMA Wachid Hasyim with the total of 40 students participating in extracurricular futsal. The grid concentration test technique and the futsal shooting skill test were the techniques used in this study, which were carried out for 1 meeting at each school. According to the results of the study, it’s known that there is a relationship between concentration and shooting in extracurricular futsal games at Hangtuah 4 High School and Wachid Hasyim High School. both variables, and obtained a correlation coefficient of 0.419, which means the level of strength of the relationship between the two variables is quite strong.

Keywords: concentration; shooting; extracuricular

 

Published
2023-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 86