PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET DI SMP

  • Nurhidatul Fitria Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari karena dapat menyatukan perbedaan, Selain berperan pada masyarakat umum dan atlet, olahraga juga berperan dalam bidang pendidikan. Permainan bola basket adalah satu diantara permainan bola besar yang diajarkan di pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), namun keberhasilan siswa dalam mencapai nilai KKM masih kurang. Hal tersebut dikarenakan masih ada 68% siswa yang belum mencapai nilai KKM dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan dan besar peningkatan pada pendekatan bermain terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-experiment) dengan pendekatam kuantitatif dan desain Non-randomized control group pre-test-post-test. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen rubrik penilaian guru PJOK untuk memperoleh data, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test. Hasil yang didapatkan yaitu ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (VIII C) dan kelompok kontrol (VIII D) dan terjadi peningkatan sebesar 28 % pada ranah kognitif dan 60% pada ranah psikomotor pada pendekatan bermain terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya.

Kata Kunci: pendekatan bermain; permainan; hasil belajar chest pass 

Abstract

Sports is one of the most popular activities because it can unite differences, besides playing a role in the general public and athletes, sports also play a role in the field of education. Basketball is one of the big ball games taught in Physical Education, Sports and Health (PJOK) lessons, but the success of students in achieving KKM is still lacking. There are still 68% of students have not reached the KKM score in one class. This study aims to determine the effect of the application and the amount of improvement in the play approach to the learning outcomes of basketball chest pass for students in class VIII State JHS 30 Surabaya. This research is a quasi-experimental research with quantitative approach and Non-randomized control group pre-test-post-test design. The subjects used in this study were 60 students who were divided into 2 groups, namely the control group and the experimental group. This study used the PJOK teacher assessment rubric instrument to obtain data, while the data analysis used in this study was the Paired Sample T-test test. The results obtained are that there is a significant difference between the experimental group (VIII C) and the control group (VIII D) and an increase of 28% in the cognitive domain and 60% in the psychomotor domain in the play approach to the learning outcomes of basketball chest pass in class VIII students of State JHS 30 Surabaya.

Keywords: approach to playing; games; learning outcomes chest pass 

Published
2023-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 108