SURVEI MINAT SISWA PEREMPUAN KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI SMPN SEKECAMATAN WONOAYU

  • Fega Gandy Galuaraya Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran yang ada di sekolah dan salah satu capaian belajarnya berupa kebugaran serta pengetahuan tentang berperilaku hidup sehat melalui aktivitas olahraga secara terencana dan sistematik merupakan ciri dari salah satu mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa perempuan kelas VII terhadap pembelajaran sepak bola di SMPN Sekecamatan Wonoayu. Deskriptif kuantitatif merupakan desain dari penelitian kali ini serta survei dijadikan sebagai metodenya. Cluster random sampling dipilih sebagai teknik dalam penelitian kali ini dengan sampel yang berjumlah 67 siswa perempuan yang dipilih secara acak dari total populasi yang berjumlah 335 siswa perempuan dari kelas VII SMPN 1 Wonoayu dan SMPN 2 Wonoayu. Pengambilan data dilakukan secara langsung dengan cara peneliti datang ke lokasi penelitan kemudian pada saat pembelajaran siswa perempuan kelas VII diberikan angket atau kuisioner. Angket yang digunakan berupa hasil dari adopsi dengan validitas 0,814 dan reliabilitas 0,848 serta angket memiliki 4 alternatif jawaban dengan skala likert bobot skornya 1-4. Teknik analisa data yang dipakai berupa analisa deskriptif dengan mean, standart deviasi dan persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa minat siswa perempuan kelas VII terhadap pembelajaran sepak bola di SMPN Sekecamatan Wonoayu berupa 7 siswa perempuan atau 10% berada pada kategori “tinggi”. 59 siswa perempuan atau 89% berada pada kategori “cukup” serta 1 siswa perempuan atau 1% berada pada kategori “rendah”. Dengan hasil tersebut, kesimpulannya bahwa minat siswa perempuan kelas VII terhadap pembelajaran sepak bola di SMPN Sekecamatan Wonoayu berada pada kategori “cukup”.

Kata Kunci: minat; pembelajaran; sepak bola

Abstract

Learning in school and one of the learning achievement processes in the form of fitness and knowledge about healthy living behavior through planned and systematic sport activities are characteristics of one of the subjek of physical education, sport, and health. The purpose of the research conducted was to find out how much interest VII grade female students had in leraning football at a junior high school in Wonoayu subdistrict. Quantitative descriptive is the design of this research and the survey is used as method. Cluster random sampling was chosen as the technique in this study with a sample of 67 female students who were randomly selected from a total population of 335 felame students from class VII SMPN 1 Wonoayu SMPN 2 Wonoayu. Data collection was carried out directly by means of researchers coming to the research location and then during class VII female students learning were given questionnaires. The questionnaire used is the result of adoption with a validity of 0,814 and a reliability of 0,848 and the questionnaire has 4 alternative answers with a likert scale with a weight score of 1-4. The data analysis technique used is in the form of descriptive analisis or mean, standard deviation and percentage. The result of the study illustrate that the interest of class VII female students in learning football at junior high school in Wonoayu sub- district was 7 female students or 10% in the “high” category. 59 female students or 89% in the “enough” category and 1 female students or 1% in the “low” category. With these result, the conclusion is that the interest of class VII female students in learning football at a junior high school in Wonoayu sub-district is in the “enough” category.

Keywords: interest; learning; football

Published
2023-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 43