PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN GRESIK BAGIAN SELATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Mohammad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengembangkan potensi diri dalam hal keilmuan, kepribadian, keterampilan, spiritual, dan akhlak serta pengendalian diri. Namun pelaksanaan pembelajaran saat ini khususnya PJOK harus terkendala dikarenakan wabah virus corona yang menyebar luas di belahan dunia yang menyebabkan semua aktifitas harus terbatasi guna menghentikan penyebaran Covid-19. Salah satu dampaknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuan pada penelitian ini ialah untuk meninjau pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kabupaten Gresik bagian selatan di era pandemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan pernyataan sejumlah 30 butir yang disebarkan menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deksriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh guru PJOK yang berjumlah 32 dari 15 sekolah (total populasi sampling). Hasil penelitian secara keseluruhan (pendahuluan, inti pembelajaran, penutup) adalah dari 22 orang dengan jumlah 69% masuk dalam kategori Sangat Baik, lalu dari 10 orang dengan jumlah 31% masuk dalam kategori Baik, Kurang Baik 0%, Sangat Kurang Baik 0%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gresik bagian selatan pada masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021 sebagian besar masuk dalam kategori Sangat Baik dengan memperoleh nilai rata-rata 104 dari nilai maksimal 120.

 Kata Kunci: pembelajaran PJOK; pandemi covid-19; SMP Negeri se-Kabupaten Gresik

 

Abstract

 

Education is very important for everyone to develop their potential in terms of knowledge, personality, skills, spirituality, and morals as well as self-control. However, the current implementation of learning, especially PJOK, must be constrained due to the outbreak of the corona virus which is spreading widely in parts of the world which causes all activities to be limited in order to break the chain of transmission of Covid-19. One of the impacts in the world of education is the implementation of distance learning (online). This study aims to review the learning of Physical Education, Sports, and Health in State Junior High Schools throughout the southern part of Gresik Regency during the Covid-19 pandemic era. The research conducted was a quantitative descriptive study using survey methods. Data collection techniques were carried out through questionnaires with statements of 30 items which were distributed using the Google form. The data analysis technique used in this study is a quantitative descriptive analysis technique using percentages. The sampling population used in this study were 32 PJOK teachers from 15 schools. The results of this study as a whole show that the categorization is very good by obtaining 22 people with a result of 69%, the good category is as many as 10 people by obtaining 31%, 0% not good, 0% very bad. Based on these data, it can be concluded that PJOK learning at Public Middle Schools throughout the southern part of Gresik Regency during the Covid-19 pandemic for the 2020/2021 school year was based on 3 aspects that became benchmarks, namely the preliminary stage, the core of learning, and closing had gone very well with obtained an average value of 104.

 Keywords: PJOK learning; covid-19 pandemic; state junior high schools in gresik regency

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 18