PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK DISABILITAS GRAHITA C-1 MELALUI PERMAINAN FUTSAL GERAK MENENDANG BOLA

  • Dirga Kristanto Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Keterampilan motorik kasar merupakan gerakan yang melibatkan pengorganisasian antara anggota tubuh dan otot-otot besar agar dapat menghasilkan keterampilan gerak lokomotor, non lokomotor serta manipulativ. Motorik kasar pada anak disabilitas tunagrahita dapat dibentuk dengan cara di latih dan diajarkan sesui prinsip motorik kasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah keterampilan motorik kasar anak tunagrahita ringan dapat di tingkatkan melalui permainan futsal menendang bola dan Seberapa besar peningkatan keterampilan motorik kasar anak tunagrahita ringan melalui permainan futsal menendang bola. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pretest-posttest. Sampel penelitian sebanyak 10 anak tunagrahita ringan dengan menggunakan purpsive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen permainan menendang bola yang di modifikasi menendang bola pada sasaran. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil antara pretest sebesar 62,1 dan posttest sebesar 78,3. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini berdistribusi normal dengan diperoleh data pretest 0,119 dan posttest 0,557 dari hasil data tersebut lebih dari 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Untuk mengetahui perbedaan dan mengetahui signifikasi dengan menggunakan uji t-test. Hasil yang di peroleh dari uji t-test 11,1 kemudian di bandingkan dengan hasl t tabel (nilai kritik t) t8 = 1,86. p < 0,05. Sehingga hasil yang diperoleh yaitu nilai t hitung (11,1) lebih besar dari t tabel (1,86) dengan hasil persentase 26,0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motorik kasar melalui permainan menendang bola.

Kata Kunci: motorik kasar; tunagrahita C-1; permainan menendang bola

Abstract

Gross motor skills are movements that involve the organization of body parts and large muscles in order to produce locomotor, non-locomotor and manipulative movement skills. Gross motor skills in children with intellectual disabilities can be developed by training and teaching them according to gross motor principlesThis study aims to determine. 1) Can the gross motor skills of mild mentally retarded children be improved through kicking the ball in futsal. 2) How big is the increase in the gross motor skills of mild mentally retarded children through kicking the ball futsal game. This study uses a type of quasi-experimental research using design pretest-posttest. The research sample consisted of 10 mild mentally retarded children using purpsive sampling. This study uses a modified ball kicking game instrument kicking the ball at the target. The results of this study were obtained from intermediate results pretest as big 62,1 and posttest of 78.3. Based on the normality test in this study, it was normally distributed with the data obtained pretest 0.119 and posttest 0.557 of the results of the data is more than 0.05 so that the data is normally distributed. To find out the difference and find out the significance by using the t-test. The results obtained from the t-test 11.1 is then compared with the results of t table (critical value of t) t8 = 1.86.p < 0,05. So the results obtained are t count (11.1) greater than t table (1.86) with a percentage of 26.0. So it can be concluded that there is an increase in gross motor skills through kicking the ball game.

Keywords: gross motor skills; C-1 down syndrome; ball kicking game

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 20