SURVEI MINAT SISWA TERHADAP PENDEKATAN PERMAINAN KUCING-KUCINGAN PADA PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 SURABAYA

  • M. Alamul Huda Universitas Negeri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani terdapat materi permainan sepakbola, Pendekatan permainan kucing-kucingan adalah upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran sepakbola. Pendekatan permainan kucing-kucingan adalah permainan dengan skema pemain membentuk lingkaran atau bentuk lainnya dengan menempatkan satu atau dua pemain di tengahnya untuk bertugas merebut bola yang dimainkan oleh pemain yang membentuk lingkaran atau bentuk lainnya. Penelitian ini bertujuan memperoleh hasil besaran minat siswa terhadap pendekatan permainan kucing-kucingan pada pembelajaran sepakbola. Penelitian ini memakai jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket langsung kepada responden dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa terhadap pendekatan permainan kucing-kucingan pada pembelajaran sepakbola di kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 165,58 atau sebesar 77%. Besaran minat siswa terhadap pendekatan permainan kucing-kucingan pada pembelajaran sepakbola di kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya dari jumlah yang mengisi angket sebanyak 277 siswa, yang tergolong minat sangat tinggi sebanyak 119 siswa atau sebesar 43%, yang tergolong minat tinggi berjumlah 135 siswa atau sebesar 48%, yang tergolong minat sedang berjumlah 22 siswa atau dengan persentase 7,9%, dan siswa yang tergolong minat rendah berjumlah 1 siswa atau sebesar 0,4%, sedangkan siswa yang tergolong minat sangat rendah tidak ada. Apabila diperinci sesuai dimensi yang mempengaruhinya adalah : 1) Dimensi dorongan dari dalam (internal) masuk dalam kategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 51,31 atau sebesar 79%. 2) Dimensi motif sosial masuk dalam kategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 46,08 atau sebesar 77%. 3) Dimensi emosional masuk dalam kategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 68,19 sebesar 76%.

Kata Kunci: pendidikan jasmani; minat belajar; permainan kucing-kucingan

Abstract

Physical education contains football game material, the cat-and-cat game approach is an effort to increase students' learning interest in football learning. The cat-and-cat game approach is a game with a scheme of players forming a circle or other shape by placing one or two players in the middle to be in charge of grabbing the ball played by players who form a circle or other shape. This study aims to obtain the results of the magnitude of student interest in the cat-and-cat game approach to football learning. This study used a type of quantitative descriptive research. Data collection by distributing questionnaires directly to respondents with Likert scale. The results showed students' interest in the cat-and-cat game approach to football learning in grade VIII SMP Negeri 30 Surabaya in the high category with an average score of 165.58 or 77%. The amount of student interest in the cat-and-cat game approach to football learning in grade VIII SMP Negeri 30 Surabaya from the number who filled out the questionnaire was 277 students, which was classified as very high interest as many as 119 students or 43%, which was classified as high interest amounted to 135 students or 48%, which was classified as medium interest amounted to 22 students or with a percentage of 7.9%,  and students classified as low interest amounted to 1 student or 0.4%, while students classified as very low interest did not exist. When broken down according to the dimensions that affect it are: 1) The dimension of encouragement from within (internal) is included in the high category with an average value of 51.31 or 79%. 2) The social motive dimension is included in the high category with an average score of 46.08 or 77%. 3) The emotional dimension is included in the high category with an average score of 68.19 or 76%.

Keywords: physical education; interest in learning; cat-and-cat games

Published
2023-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 22