FAKTOR-FAKTOR MINAT BELAJAR PJOK SISWA KELAS 6 DI SDN GADING IV SURABAYA

  • Abdan Syakur Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Gading IV/180 Surabaya pada saat pembelajaran PJOK terlihat masih ada beberapa siswa, khususnya kelas 6 yang kurang disiplin dan sering melanggar aturan dengan memakai baju olahraga yang tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dan saat pembelajaran berlangsung siswa hanya bergurau dan tidak memperhatikan gerakan yang dicontohkan (bermain sendiri). Hal tersebut dapat memengaruhi jalannya proses pembelajaran, karena jika siswa tidak mempunyai minat untuk mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan, maka pembelajaran yang dilakukan tidak akan berjalan dengan efektif. Pembahasan dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas 6 di SDN Gading IV / 180 Surabaya dan faktor apakah yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah subjek menggunakan total sampel (populasi) atau dengan jumlah 140 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa tingkat minat siswa kelas 6 di SDN Gading IV / 180 Surabaya dalam mengikuti pembelajaran PJOK yaitu pada kategori sedang. Minat belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor yang terbentuk dari dalam diri siswa sendiri (internal) yang terdiri dari indikator pemusatan perhatian, ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan, serta faktor dari luar diri siswa (eksternal) antara lain: seperti indikator pendidik (guru), sarana dan prasarana (sumber belajar), serta lingkungan atau teman sejawat yang sama-sama kuat dengan hasil pengujian yaitu pada kategori sedang. Untuk hasil uji analisis indikator yang paling dominan yaitu mendapatkan hasil bahwa indikator faktor internal yang paling berpengaruh yaitu keterlibatan dan untuk indikator faktor eksternal yaitu guru.

Kata Kunci: minat belajar; PJOK; siswa SD

Abstract

Based on the results of observations at SDN Gading IV/180 Surabaya during PJOK learning, it was seen that there were still some students, especially grade 6 who lacked discipline and often violated the rules by wearing sports clothes that did not comply with the established provisions and when learning took place students only joked and not paying attention to the exemplified move (playing alone). This can affect the course of the learning process, because if students do not have an interest in participating in the learning process being carried out, then the learning carried out will not run effectively. The discussion in this study aims to determine the level of interest in grade 6 students at SDN Gading IV / 180 Surabaya and what factors influence student interest in learning PJOK subjects. This research is a type of quantitative descriptive research with the number of subjects using the total sample (population) or with a total of 140 students. The results of this study indicate that the interest level of grade 6 students at SDN Gading IV / 180 Surabaya in participating in PJOK learning is in the medium category. Interest in learning is influenced by factors that are formed from within the students themselves (internal) consisting of indicators of concentration of attention, interest, feelings of pleasure, involvement, as well as factors from outside the student's self (external) including: such as teacher indicators, facilities and infrastructure ( learning resources), as well as the environment or colleagues who are equally strong with the test results, namely in the medium category. For the results of the analysis test the most dominant indicator is to get the result that the most influential internal factor indicator is involvement and for the external factor indicator, namely the teacher.

Keywords: interest in learning; sports physical education and health; elementary school students

Published
2023-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 88