PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS XI

  • Nanang Kurniawan Unesa
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan memiliki tempat yang strategis dalam pelaksanaan pembangunan Nasional, serta prioritas utama untuk mempersiapkan kualitas dan ketangguhan sumber daya manusia. Maka dari itu, pemerintah memberikan fasilitas layanan pendidikan pada setiap jenjang usia. Terutama pendidikan PJOK, pendidikan yang memberikan kontribusi besar terhadap penerapan nilai-nilai moral dan sikap pada setiap individu serta berperan dalam membantu siswa untuk mengembangkan fisik motoric, mental dan sosial. Namun terdapat beberapa siswa yang tidak bertanggung jawab atas tugas gerak serta kurang menguasai materi dalam  pembelajaran yang diberikan oleh guru PJOK. Hal ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yaitu, siswa kurang percaya diri, keadaan pembelajaran yang membosankan, kurang memahami materi serta siswa yang kurang aktif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa, dengan tersebut  Penelitian ini bertujuan untuk mencapai dua hal yaitu  menentukan dampak model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMAN 1 Tambakboyo, dan menentukan besarnya dampak model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan one group pretest, posttest design .  seluruh kelas XI SMAN 1 Tambakboyo yang menjadi populasi dan di tarik sampel penelitian 36 siswa yang berasal dari satu kelas XI IPA 3. Penelitian ini menggunakan instrumen pengetahuan  lembar soal essay dan keterampilan dari brumbach forearms pass wall-volley test  yang digunakan dalam  memperoleh data, dengan menggunakan uji paired sample T-test dengan hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI SMAN 1 Tambakboyo adalah sebesar 22,43% pada domain pengetahuan dan 25,41% pada domain keterampilan.

Kata Kunci: problem based learning; hasil belajar; passing bawah; bolavoli

Abstract

Education has a strategic place in the implementation of national development, as well as a top priority for preparing the quality and resilience of human resources. Therefore, the government provides educational service facilities at every age level. Especially PJOK education, education that makes a major contribution to the application of moral values ​​and attitudes to each individual and plays a role in helping students to develop physical motor, mental and social. However, there were some students who were not responsible for the motion assignments and did not understand the material in the learning given by the PJOK teacher. This is motivated by several factors, namely, students lack self-confidence, boring learning conditions, lack of understanding of the material and students who are less active so that it has an impact on student learning outcomes, with this research aims to achieve two things, namely determining the impact of problem-based learning models learning on the results of learning to forearm passing volleyball in class XI students of SMAN 1 Tambakboyo, and determine the magnitude of the impact of the problem-based learning model on learning outcomes on forearm passing volleyball. This study used a pre-experimental design with one group pretest, posttest design. the entire class XI of SMAN 1 Tambakboyo who became the population and the research sample was 36 students from one class XI IPA 3. This research used the knowledge instrument of essay question sheets and skills from the brumbach forearms pass wall-volley test which was used to obtain data, with used a paired sample T-test with the result that there was an increase in the learning outcomes of forearm passing volleyball in class XI students of SMAN 1 Tambakboyo, amounting to 22.43% in the knowledge domain and 25.41% in the skill domain.

Keywords: problem based learning; learning outcomes; forearm passing; volleyball

Author Biography

Taufiq Hidayat, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Published
2023-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 110