PENERAPAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMANASAN TERHADAP KESIAPAN PESERTA DIDIK MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PJOK

  • Muhammad Dahlan Asyari Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran PJOK harus dilaksanakan dengan berbagai metode atau variasi agar membuat peserta didik ketika mengikuti pembelajaran PJOK tidak merasa bosan atau jenuh dan dalam keadaan senang, hal ini sangat berpengaruh terhadap kesiapan peserta didik dikarenakan apabila peserta didik dalam keadaan senang ketika mengikuti pembelajaran PJOK mereka akan lebih antusias  untuk bergerak. Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif denga desain One group pre-test post-test. Tujuan dari penelitian ini ada 2 yang pertama untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK, dan yang kedua jika ada seberapa besar pengaruh penerapan permainan kecil dalam pemanasan terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK. Teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen angket untuk mengetahui variabel kesiapan peserta didik, dan tes denyut nadi sebelum dan sesudah aktivitas. Hasil penelitian dari data yang diperoleh dan diolah menggunakan SPSS menunjukkan Penerapan permainan kecil dalam pemanasan terdapat pengaruh terhadap kesiapan peserta didik mengikuti proses pembelajaran PJOK kelas VII-H di UPT SMP Negeri 14 Gresik, dibuktikan dari nilai signifikansi Thitung > Ttabel yaitu 20029 > 1699 pada tes angket kesiapan, dan pada tes rentang denyut nadi Thitung > Ttabel yaitu 8456 > 1699. Serta nilai Sig. (2-tailed) pada seluruh rangkaian tes sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05.

Kata Kunci: pemanasan; permainan kecil; kesiapan

Abstract

In PJOK learning it must be carried out with various methods or variations so that students when participating in PJOK learning do not feel bored or bored and are in a happy state, this greatly affects the readiness of students because if students are happy when participating in PJOK learning they will be more excited to move. This research is a type of quasi-experimental research with a quantitative approach with a One group pre-test post-test design. The purpose of this study is that there are 2, the first is to find out whether there is an effect of the application of small games in warming up on the readiness of students to take part in the PJOK learning process, and the second if there is how much influence the application of small games in warming up has on the readiness of students to take part in the PJOK learning process. The data collection technique was carried out using a questionnaire instrument to find out the readiness variables of students, and pulse tests before and after activities. The results of the research from the data obtained and processed using SPSS show that the application of small games in warming up has an influence on the readiness of students to take part in the PJOK class VII-H learning process at UPT SMP Negeri 14 Gresik, as evidenced by the significance value of Tcount > Ttable, namely 20029 > 1699 on the test readiness questionnaire, and on the pulse range test Tcount > Ttable, namely 8456 > 1699. As well as the Sig. (2-tailed) in all series of tests of 0.000 which means less than 0.05.

Keywords: warming up;small games; readines

Author Biography

Advendi Kristiyandaru, UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Published
2023-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 44