PENERAPAN PERMAINAN KECIL UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR MOTORIK SISWA SDN KARANGGEGER II

  • David Agustialan Universitas Negeri Surabaya
  • Dony Andrijanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah upaya untuk mengubah dari yang sebelumnya tidak bisa menjadi bisa atau yang sebelumnya tidak menguasai menjadi menguasi. Dalam mensukseskan pendidikan ini dibutuhkan beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya sudah banyak para ahli yang menciptakan inovasi – inovasi baru untuk mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan. Sehingga dalam pembelajaran siswa lebih bersemangat dan tidak merasa jenuh atau bosan. Salah satu inovasi dalam pendidikan adalah memberikan permainan kecil terutama dalam Pendidikan Jasmani, Olahrga dan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap gerak dasar motorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahrga dan kesehatan pada kelas IV dan V SDN Karanggeger II Kabupaten Probolinggo dan seberapa besar pengaruh permainan kecil terhadap gerak dasar mtorik siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan desain one group pretest – posttest. Pengambilan atau pengumpulan data menggunakan tes motor ability untuk sekolah dasar. Sedangkan teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu kelas IV dan V SDN Karanggeger II Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan kecil terhadap gerak dasar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas IV dan V siwa SDN Karanggeger II Kabupaten Probolinggo. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Di sisi lain pengaruh penerapan permainan kecil terhadap gerak dasar motorik siswa sebesar 6,86%.

Kata kunci: PJOK; permainan kecil; gerak dasar motorik

Abstract

Education is an effort to change from what previously could not become able or previously did not master to master. In the success of this education, several things must be done, including many experts who have created new innovations to make it easier to achieve educational goals. So that in learning students are more enthusiastic and do not feel bored or bored. One of the innovations in education is providing small games, especially in Physical Education, Sports and health. The purpose of this study was to determine the effect of small games on students' basic motor movements in learning Physical Education, Sports and Health in grades IV and V SDN Karanggeger II Probolinggo Regency and how much influence small games had on students' basic motor movements.This study used a quasi-experimental with a quantitative approach and a one group pretest – posttest design. Retrieval or collection of data using a motor ability test for elementary schools. While the sampling technique in this study used purposive sampling, namely grades IV and V of SDN Karanggeger II, Probolinggo Regency, with a total of 30 students. Based on the analysis of the data that has been carried out from the results of the study it is known that there is an effect of the application of small games on the basic movements of students in learning Physical Education, Sports and Health in grades IV and V students at SDN Karanggeger II, Probolinggo. This is evidenced by the results of the analysis which showed a sig value of 0.000 <0.05. This means that Ho is rejected and Ha is accepted. On the other hand, the influence of the application of small games on the basic motoric movements of students is 6.86%.

Keywords: PJOK; small games; basic motor movement

Published
2023-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 18