HUBUNGAN PERMAINAN ELEKTRONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA UPT SMPN 5 GRESIK

  • Farhan Dwiki M. Kumaat Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perkembangan zaman sekarang banyak siswa di indonesia lebih memilih mengisi kegiatan dengan bermain permainan yang ada di gawai masing-masing. Namun permainan elektronik memiliki dampak positif maupun negatif. Mayoritas masyarakat menggunakan permaianan elektronik dengan berlebihan terutama pada anak-anak dan remaja sehingga mengganggu dalam motivasi belajar di sekolah. Jarang menggerakan tubuh membuat peserta didik malas untuk mempraktikan tugas yang diberikan oleh guru. Pembelajaran PJOK sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan motorik dan fisik bisa menjadi salah satu solusi yang positif bagi kebiasaan buruk akan bermain permainan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara permainan elektronik terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK di UPT SMPN 5 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa. Karena penelitian ini menggunakan total sampling maka sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 300 orang . Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara permainan elektronik dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK kelas VIII di UPT SMPN 5 Gresik dilihat dari nilai sig kurang dari nilai r tabel 0,05 yaitu 0,01 dan pearson correlation 0,185 maka terdapat korelasi antara keduanya. Jadi dari hasil pengolahan tersebut bisa membuktikan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara permainan elektronik dengan motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: permainan; motivasi; belajar

Abstract

Many students in Indonesia prefer to fill their activities by playing games on their respective devices. This activity is carried out because playing games can make students happy and can interact with friends who are abroad. However, electronic games have both positive and negative impacts. The majority of people use electronic games excessively, especially in children and adolescents, so that it interferes with motivation learning at school. Playing electronic games makes players reduce body movements so they can focus on the game. Rarely moving the body makes students lazy to practice the assignments given by the teacher. PJOK learning as a means for students to develop motoric and physical abilities can be a positive solution for bad habits of playing electronic games. This study aims to determine the relationship between electronic games on students' motivation and learning outcomes in PJOK learning at UPT SMPN 5 Gresik. This research uses quantitative research with a quantitative descriptive approach. The results of this study are that there is a relationship between electronic games and students' learning motivation in class VIII PJOK learning at UPT SMPN 5 Gresik, seen from the sig value less than the r table value of 0.05, namely 0.01 and the Pearson correlation is 0.185, there is a correlation between the two.

Keywords: games; motivation;  learning

 

Published
2023-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 15