PERBANDINGAN TINGKAT KEHADIRAN SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL BERDASARKAN JENIS MOTIVASI DI SMK IPIEMS

  • Farel Alvan Nugraha Unesa
  • Junaidi Budi Prihanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Tingkat kehadiran siswa dalam latihan ekstrakurikuler futsal sangat penting untuk membentuk kebugaran jasmani, kemampuan siswa dan juga kerja sama tim. Siswa dapat konsisten dalam latihan apabila memiliki motivasi latihan yang kuat. Oleh karena itu peran motivasi sangat berguna untuk menaikkan kehadiran latihan futsal di ekstrakurikuler futsal. Terdapat dua jenis motivasi, motivasi intrinsik dan juga motivasi ekstrinsik. Jenis penelitian non-eksperimen dan desain komparatif metode yang digunakan survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner 2022 motivasi latihan dari Hafiduddin Muhtarom. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK IPIEMS yang ikut serta ekstrakurikuler futsal. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, tingkat kehadiran di ekstrakurikuler futsal kategori tinggi yaitu siswa yang mengikuti latihan sebanyak 4 dan 5 kali pertemuan sebesar (42,85%). Kategori sedang yang mengikuti latihan sebanyak 3 kali pertemuan sebesar (23,80%). Kategori rendah yang mengikuti latihan sebanyak 1 dan 2 kali pertemuan sebesar (33,33%). Hasil dari angket motivasi menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi intrinsik sebanyak 19 siswa, siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik sebanyak 2 siswa. Hasil perbandingan menggunakan uji T independen menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna pada variabel kehadiran berdasarkan jenis motivasi (p value > 0,05).

 

Kata Kunci: ekstrakurikuler, futsal, motivasi latihan, keikutsertaan.

 

Abstract

 

The level of student attendance in futsal extracurricular training is very important to shape physical fitness, student ability and also teamwork. Students can be consistent in training if they have strong training motivation. Therefore, the role of motivation is very useful to increase the presence of futsal training in futsal extracurriculars. There are two types of motivation, intrinsic motivation and also extrinsic motivation. Type of non-experimental research and comparative design of the method used survey with data collection techniques using the 2022 exercise motivation questionnaire from Hafiduddin Muhtarom. The population of this study was all students of SMK IPIEMS who participated in futsal extracurriculars. Data analysis uses descriptive statistical analysis. Based on the results of research conducted by researchers, the attendance rate in the high-category futsal extracurricular is students who take part in 4 exercises and 5 meetings (42.85%). The medium category that participated in the exercise as many as 3 meetings amounted to (23.80%). The low category who participated in 1 exercise and 2 meetings was (33.33%). The results of the motivation questionnaire showed that students who had intrinsic motivation were 19 students, students who had extrinsic motivation were 2 students. The comparison results using an independent T test showed that there was no significant difference in the attendance variable based on the type of motivation (p value > 0.05).

.

 

Keywords: extracurricular, futsal, participation,  training motivation.

 

Published
2023-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 24