HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PJOK MATERI BOLA VOLI SMPN 17 SURABAYA

  • Angellina Senoaji Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap hasil belajar Salah satu faktor motivasi adalah memiliki pengaruh keberhasilan pada siswa. Motivasi memiliki peran penting bagi siswa dan motivasi berfungsi sebagai dorongan bagi siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang baik sesuai keinginan. Dari hasil belajar tersebut guru akan mengetahui adanya perubahan-perubahan tingkah laku yang ada pada siswa yaitu meliputi pada bidang psikomotor, kognitif dan afektif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang diterapkan. Korelasional merupakan jenis penelitian yang diterapkan. Siswa kelas VII SMPN 17 Surabaya menjadi populasi dalam penelitian ini. Penentuan sampel memakai teknik Random Sampling, serta angket digunakan sebagai instrument dan dibagikan kepada 60 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis mean, median, modus dan tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya hubungan motivasi terhadap hasil belajar. Mean untuk motivasi siswa kelas VII SMPN 17 Surabaya adalah 65,56 memasuki kategori sedang. Mean untuk hasil belajar siswa kelas VII SMPN 17 Surabaya adalah 86,33 memasuki kategori tinggi. Pada penelitian yang telah dilakukan, terdapat memiliki hubungan positif dan signifikan motivasi dengan hasil belajar terhadap mata pelajaran PJOK materi Bola Voli siswa kelas VII di SMPN 17 Surabaya. Hal ini dibuktikan dari besarnya nilai t hitung daripada t tabel (2,605>200172) dan nilai signifikan sebesar 0,012.

Kata Kunci: motivasi; hasil belajar; PJOK

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between motivation and learning outcomes. One of the motivational factors is having an influence on student success. Motivation has an important role for students and motivation serves as an encouragement for students to get good learning results as desired. From the results of this study the teacher will know that there are changes in behavior that exist in students, which include the psychomotor, cognitive and affective fields. Quantitative approach is an applied approach. Correlational is a type of applied research. Class VII students of SMPN 17 Surabaya became the population in this study. Determination of the sample using the Random Sampling technique, as well as a questionnaire used as an instrument and distributed to 60 students. Data analysis techniques in this study used analysis of the mean, median, mode and frequency distribution tables.

The results of the research that has been done show that there is a relationship between motivation and learning outcomes. The mean for the motivation of class VII students of SMPN 17 Surabaya is 65.56 entering the medium category. The mean for class VII student learning outcomes of SMPN 17 Surabaya is 86.33 entering the high category. In the research that has been done, there is a positive and significant relationship between motivation and learning outcomes for the PJOK subject, Volleyball class VII students at SMPN 17 Surabaya. This is evidenced by the greater value of t count than t table (2.605> 200172) and a significant value of 0.012.

Keywords: motivation;  learning outcomes; PJOK

Published
2023-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 26