Penerapan Metode Bermain Pada Pembelajaran PJOK Terhadap Tingkat Kelincahan Pada Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya

  • Diego Armandoakvila Wongsodiharjo Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan menyeluruh dalam kualitas individu, baik dalam bentuk fisik, mental, serta emosional. Dalam proses perkembangan motorik siswa perlu memperhatikan komponen kebugaran jasmani yang meliputi kekuatan, katahanan, kecepatan, kelincahan ketepatan, keseimbangan. Kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan-gerakan dalam aktivitas sehari-hari dengan cepat dan arah yang tidak menentu tanpa kehilangan keseimbangan. Untuk meningkatkan tingkat kelincahan siswa dapat menerapkan metode bermain agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain terhadap tingkat kelincahan siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode bermain terhadap tingkat kelincahan siswa kelas X SMAN 15 Surabaya.

Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan One Groub Pre-Test Post-Test design, data dikumpulkan berupa hasil tes menggunakan illinois agility run test. Pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 15 Surabaya berjumlah 354 siswa dan sampel sejumlah 72 siswa. Pengambian data berupa waktu menunjukkan nilai rata-rata pretest kelincahan siswa sebelum diberikan perlakuan metode bermain yang dapat meningkatkan kelincahan. Pengambian data berupa waktu menunjukkan terdapat perbedaan, dan meningkat sebesar 6,02% untuk siswa putra dan 6.5% untuk siswa putriĀ  setelah diberikan perlakuan.

Kata kunci : Kelincahan, Metode Bermain

Author Biography

Advendi Kristiyandaru, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Prodi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 23