PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA SISWA DI SMAN 1 PURI MOJOKERTO

  • Dimas Saktia Arisena Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh dari penerapan media audio visual terhadap hasil belajar passing sepak bola siswa di SMAN 1 Puri Mojokerto , (2) mengetahui besarnya pengaruh dari penerapan media audio visual terhadap hasil belajar passing sepak bola siswa di SMAN 1 Puri Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan desain one group pre-test dan post-test design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Puri Mojokerto yang berjumlah 432 siswa. Sampel dipilih menggunakan cluster random sampling dengan cara pengundian. Pengundian tersebut menghasilkan kelas X-7 yang berjumlah 33 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menerapkan pre-test dan pos-test passing sepak bola kepada siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif, uji normalitas, dan uji nonparamatrix wilcoxon. Perhitungan data dibantu dengan SPSS agar dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hasil dari penelitian tersebut yaitu terdapat pengaruh dalam penerapan media audio visual terhadap hasil belajar passing sepak bola. Hasil penelitian ini telah diuji normalitas yang menyimpulkan bahwa terdapat data yang tidak berdistribusi normal. Hasil dari uji non paramatrix wilcoxon yaitu nilai sig. (2 tailed) pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebesar 0.00 yang berarti < 0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan presentase peningkatan sebesar 57% pada aspek pengetahuan dan 9% pada aspek keterampilan.

Kata Kunci: audio visual; hasil belajar; passing; sepak bola

Abstract

This research has a purpose to : (1) determine the effect of the application of audio-visual media on the learning outcomes of students' football passing at SMAN 1 Puri Mojokerto, (2) find out how much influence the application of audio-visual media has on the learning outcomes of students' football passing at SMAN 1 Puri Mojokerto. The type of research used is an experiment using a quantitative approach. The research design used was one group pre-test design and post-test design. The population in this study were all students of class X at SMAN 1 Puri Mojokerto, totaling 432 students. Samples were selected using cluster random sampling by drawing lots. The draw resulted in class X-7 which totaled 33 students. Data collection was carried out by applying the pre-test and post-test of football passing to students. The data analysis used was descriptive test, normality test, and Wilcoxon non-paramatrix test. Data calculations are assisted by SPSS so that the correctness can be accounted for. The results of this study are that there is influence in the application of audio-visual media to the learning outcomes of passing football. The results of this study have been tested for normality which concludes that there are data that are not normally distributed. The results of the Wilcoxon non-paramatrix test are the sig. (2 tailed) on the knowledge and skills aspect of 0.00 which means <0.05 so it can be concluded that there is a significant influence with a percentage increase of 57% on the knowledge aspect and 9% on the skills aspect.

Keywords: audio visual; learning outcomes; passing; football

Author Biography

Advendi Kristiyandaru, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Published
2023-07-21
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 43