PENGARUH SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TERHADAP CAPAIAN PRESTASI SMPN 11 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Ekstrakurikuler merupakan bagian dari pembinaan peserta didik di luar jam pembelajaran sebagai wadah mengembangkan bakat dan minatnya. Penyelenggaraan ekstrakurikuler baik dalam sisi permainan dan fasilitas mengacu pada aturan PBVSI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sarana dan prasarana ekstrakurikuler bola voli terhadap capaian prestasi SMPN 11 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Penelitian ini memiliki batasan masalah pada pengaruh kelengkapan dan kelayakan sarana dan prasarana ekstrakulikuler bola voli terhadap prestasi SMPN 11 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sarana dan prasarana bola voli sudah tersedia dalam kegiatan ekstrakurikuler SMPN 11 Surabaya. Namun terdapat beberapa catatan kekurangan yang harus diperbaharui atau perbaiki, yaitu bola voli (tidak sesuai standar); lapangan digunakan secara bergantian dengan olahraga sepak bola; dan net kurang layak. Di sisi lain, prestasi ekstrakurikuler bola voli masih dalam kategori rendah, karena tidak terdapat prestasi yang diperoleh dari program ekstrakurikuler bola voli di SMPN 11 Surabaya dalam periode 1 tahun terakhir. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana bola voli berbanding lurus dengan hasil prestasi ekstrakurikuler bola voli yang dihasilkan oleh SMP N 11 Surabaya. Semakin optimal sarana dan prasarana ekstrakurikuler, semakin efektif kegiatan tersebut, maka berpengaruh terhadap capaian prestasi peserta didik.
Kata Kunci: sarana prasarana; ekstrakurikuler; bola voli
Abstract
Extracurricular is part of fostering students out of learning activities, in order to develop their talents and interests. Volleyball extracurricular is one of the branches of developing talent and interest in sports outside of class hours. The extracurricular activities both in terms of games and facilities refer to the PBVSI rules. This study aims to describe the effect of volleyball extracurricular facilities and infrastructure on the achievement of SMPN 11 Surabaya. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The research subjects were students who took volleyball extracurricular activities. The results showed that all volleyball facilities and infrastructure were available in the extracurricular activities of SMPN 11 Surabaya. However, there are several noteworthy deficiencies that must be updated or improved, namely volleyball (not up to standard); the field is used interchangeably with the sport of football; and the net is not worth it. On the other hand, volleyball extracurricular achievements are still in the low category, because there are no achievements obtained from the volleyball extracurricular program at SMPN 11 Surabaya in the last 1 year period. It was concluded that the availability of volleyball facilities and infrastructure was directly proportional to the results of volleyball extracurricular achievements produced by SMP N 11 Surabaya. The more optimal the extracurricular facilities and infrastructure, the more effective the activity, the more influential it is on student achievement.
Keywords: infrastructure; extracurricular; volleyball