PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MELEMPAR BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BESAR SISWA KELAS VIII MTs IHYAUL ULUM

  • Mohammad Rozikin Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animaker terhadap hasil belajar aktivitas melempar bola dalam permainan bola besar pada siswa kelas VIII di MTs. Ihyaul Ulum dan seberapa besar pengaruh dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di MTs. Ihyaul Ulum. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa dari kelas VIII-A. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, adanya pengaruh terhadap penggunaan media animaker terhadap hasil belajar aktivitas melempar bola dari atas kepala siswa kelas VIII di MTs. Ihyaul Ulum Hasil dari uji Paired-Sample T-test yaitu hasil signifikan pre-test dan post-test pengetahuan < a 0,05 dengan kata lain sig < a (0.000<0,05), sedangkan signifikan pre-test dan post-test keterampilan < a 0,05 dengan kata lain sig < a (0.000<0,05)  maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga data tersebut dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan data diatas maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan dan terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar pengetahuan 28% dan keterampilan 20% dengan rata-rata hasil belajar pengetahuan dan keterampilan 24% dalam penggunaan media animaker terhadap hasil belajar aktivitas melempar bola dari atas kepala peserta didik.

Kata Kunci: animaker, hasil belajar, melempar bola

Author Biography

Mochamad Ridwan, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Olahraga

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 80