PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS MATERI BOLA BASKET

  • Moch. Marwan Dharmawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yaitu mata pelajaran yang dibagi guna menempa keahlian psikomotorik peserta didik yang dilatihkan dengan cara formal di bangku sekolah. Satu diantara materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yakni bola besar yang didalamnya memuat sub materi bola basket. Penelitian ini bermaksud guna melihat pengaruh pembelajaran metode tutor sebaya (peer tutoring method) terhadap hasil belajar psikomotorik dalam teknik chest pass pada materi pembelajaran bola basket. Jenis penelitian yakni memanfaatkan pre-experimental berdesain One Group Pretest Posttest Design. Subjeknya yakni kepada peserta didik kelas VIII-H yang terdiri daripada 30 peserta didik di SMP Negeri 30 Surabaya. Penelitian diterapkan dalam 4 kali pertemuan dengan membagikan pretest, treatment, dan posttest dalam proses pengumpulan data yang sudah terstruktur. Perolehan hasil pengamatan data dari penelitian metode tutor sebaya (peer tutoring method) dalam teknik chest pass pada materi pembelajaran bola basket menampilkan adanya kenaikan hasil belajar psikomotorik peserta didik yang cukup signifikan dengan perolehan N-Gain <g> peserta didik mayoritas memperoleh kriteria sedang yakni 73%. Berbasis perolehan penelitian tersebut, simpulan dalam penelitian ini menampilkan bahwasanya metode tutor sebaya berpengaruh cukup efektif guna meningkatkan hasil belajar psikomotorik dalam teknik chest pass pada materi pembelajaran bola basket mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Kata Kunci: metode tutor sebaya; chest pass; hasil belajar

Abstract

Physical Education, Sports and Health (PJOK) is a subject that is divided to forge the psychomotor skills of students who are trained in a formal way in school. One of the Physical Education, Sports and Health (PJOK) materials is big ball which includes basketball sub-materials. This study aims to see the effect of peer tutoring method learning on psychomotor learning outcomes in the chest pass technique on basketball learning material. This type of research utilizes pre-experimental design One Group Pretest Posttest Design. The subjects were students of class VIII-H consisting of 30 students at SMP Negeri 30 Surabaya. The research was applied in 4 meetings by distributing pretest, treatment, and posttest in a structured data collection process. The acquisition of data observation results from research on the peer tutoring method in the chest pass technique on basketball learning material displays a significant increase in the psychomotor learning outcomes of students with the acquisition of N-Gain <g> the majority of students obtained moderate criteria, namely 73%. Based on the results of this research, the conclusion in this study shows that the peer tutor method is effective enough to improve psychomotor learning outcomes in the chest pass technique in basketball learning materials for Physical Education, Sports and Health (PJOK) subjects.

Keywords:  peer tutoring method; chest pass; learning outcomes

 

Published
2023-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 12