PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DASAR SEPAKBOLA KELAS XI DI SMAN 1 REJOSO

  • Jojo Kholistyono Ngudinur Muhammad Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ahmad Arief UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak
Komik merupakan media komunikasi visual yang berbentuk gambaran-gambaran dan pewarnaan serta mempunyai alur cerita yang berurutan sehingga pembaca dapat mudah mengerti maksud dari gambar tersebut dan juga di dalam komik juga adalah tulisan-tulisan yang mendukung atau memperjelas maksud dari gambar yang ada dalam komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media belajar komik terhadap hasil belajar keterampilan dasar sepakbola kelas XI di SMA Negeri 1 Rejoso. Didalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampelnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 peserta didik dan XI IPS 3 dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket respon dan tes praktek keterampilan. Data dalam penelitian ini telah diuji normalitas dan hasilnya 0,068; 0,053; 0,176; 0,066. Keempat nilai signifikansi tersebut bernilai > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data-data tersebut berdistribusi normal. Data dalam penelitian ini juga diuji dengan homogenitas dengan hasil nilai signifikansi 0,155 yang bermakna bahwa nilai tersebut >0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data tersebut homogen, maka dapat dilakukan uji independent sample t-test. Hasil dari uji independent sample t-test yaitu sig assymp 2 tailed (0,01<0,05), artinya H0 ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media belajar komik terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik.
Kata Kunci : media komik; hasil belajar; keterampilan dasar; sepakbola


Abstract
Comics are a visual communication medium in the form of images and coloring and have a sequential storyline so that readers can easily understand the meaning of the image and also in comics are also writings that support or clarify the purpose of the images in the comic. This study aims to determine whether there is an influence of the use of comic learning media on the learning outcomes of basic football skills grade XI at SMA Negeri 1 Rejoso. In this study using a quantitative approach with the type of quasi experimental research (Quasi Experiment). The research design used was Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design and used purposive sampling techniques for sampling. The samples used in this study were class XI IPA 3 with a total of 36 students and XI IPS 3 with a total of 33 students. The data collection techniques used in this study used response questionnaires and skill practice tests. The data in this study have been tested for normality and the result is 0.068; 0,053; 0,176; 0.066. The four significance values are > 0.05, so it can be concluded that the data are normally distributed. The data in this study was also tested with homogeneity with a significance value of 0.155 which means that the value is >0.05. Thus it can be concluded that the data is homogeneous, so an independent sample t-test can be carried out. The results of the independent sample t-test are sig assymp 2 tailed (0.01<0.05), meaning that H0 is rejected and Ha is accepted with the conclusion that there is an influence of the use of comic learning media on the learning outcomes of student skills.

Keywords: comic media; learning outcomes; basic skills; football

Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 59