SURVEI SARANA DAN PRASARANA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KSEHATAN DI SMA LABSCHOOL UNESA 1

  • Ihda Ihdanazidatinihtiana Universitas Negeri Surabaya
  • Hamdani Hamdani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Demi tercapainya kegiatan pembelajaran PJOK yang efektif maka di butuhkan sarana dan prasarana yang memadahi untuk menunjang keberhasilan suatu tujuan pendidikan. Dalam mata pelajaran PJOK sarana dan prasarana adalah fakor utama menunjang keterlaksanaannya proses belajar mengajar.maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran keadaan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Labschool Unesa 1Jenis penelitian yang diterapkan ialah penelitian deskriptif. Melalui pendekatan kuantitatif.Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan PDPJOI tahun 2011. Di lakukan melalui survei sehingga terlihat jelas secara langsung terhadap sarana prasarana Pendidikan jasmani yang di miliki SMA Labschool Unesa 1. Penelitian di lakukan pada tanggal 17-19 Mei 2023 pukul 0800-12.00 WIB. Hasil kondisi sarana dan prasarana memiliki nilai 170 dengan kategori B, pada ketersediaan tenaga pelaksana memiliki nilai 190 dengan kategori B, hasil kerja kurun 1 tahun memiliki nilai 220 dengan kategori B, untuk prestasi dan penghargaan kurun 1 tahun memiliki nilai 180 dengan kategori A, dengan nilai total keseluruhan 780 maka dari kriteria termasuk kategori nilai B atau Baik. Dapat disimpulkan keadaan sarana dan prasarana pada sekolah tersebut cukup memadahi dengan nilai 190 termasuk kategori baik, memiliki ketersediaan tenaga pelaksana dengan nilai 190 yang termasuk kategori baik, memiliki hasil kerja kurun satu dengan nilai 220 termasuk kategori baik, dan memiliki prestasi dan penghargaan dengan nilai 180 dengan kategori sangat baik dan mimiliki nilai total 780 dengan kategori nilai baik.

Kata Kunci: PJOK; sarana, prasarana

Abstract

In order to achieve effective PJOK learning activities, adequate facilities and infrastructure are needed to support the success of an educational goal. In the PJOK subject, facilities and infrastructure are the main factors supporting the implementation of the teaching and learning process. So the formulation of the problem in this study is how to describe the condition of the facilities and infrastructure for Physical Education Sports and Health at SMA Labschool Unesa 1. The type of research applied is descriptive research. Through a quantitative approach. The method in this study was a survey method using PDPJOI in 2011. It was carried out through a survey so that it was clear directly the physical education infrastructure owned by SMA Labschool Unesa 1. The research was conducted on 17-19 May 2023 at 0800-12.00 WIB. the results of the condition of facilities and infrastructure have a value of 170 with category B, on the availability of implementing staff it has a value of 190 with category B, the results of 1 year's work have a value of 220 with category B, for achievements and awards for 1 year it has a value of 180 with category A, with the overall total score is 780, then the criteria include the B or Good value category. It can be concluded that the condition of the facilities and infrastructure at the school is adequate with a score of 190 including the good category, has the availability of implementing staff with a value of 190 which is a good category, has work results for the first period with a value of 220 including the good category, and has achievements and awards with a value of 180 with a very good category and has a total value of 780 with a good value category.

 Keywords: sports and health physical education; facilities; infrastructure


Published
2023-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 5