SURVEY KETERLAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 5 SIDOARJO

  • Achmad Diky Muchafi Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kurikulum merdeka hadir sebagai bentuk untuk memberikan wadah bagi peserta didik maupun pendidik untuk dapat berinovasi dalam proses pembelajaran utamanya pada pembelajaran PJOK, pada implementasinya sendiri pembelajaran PJOK banyak menggunakan aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka yang diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan peneliti adalah melakukan wawancara dengan guru PJOK yang mengajar di kelas merdeka belajar dan menyebarkan kuesioner kepada peserta didik yang mengikuti merdeka belajar. Dalam pembelajaran PJOK, angket kuesioner nantiya akan digunakan sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Adapun Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif terhadap guru PJOK yang mengajar di kelas merdeka kemudian mendeskripsikan hasil dari wawancara dan angket kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan angket. Hasil temuan terkait dengan keterlaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK di SMPN 5 Sidoarjo mendapatkan hasil dengan kriteria baik hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru PJOK di SMPN 5 Sidoarjo mulai dari pemahaman, penyusunan modul ajar dan penilaian menggunakan kurikulum merdeka belajar kemudian juga didukung dari hasil angket kuesioner yang telah dibagikan kepada peserta didik yang mana hasil dari angket tersebut mendapatkan hasil dengan kriteria yang baik apa yang guru rencanakan sesuai dengan apa yang mereka alami pada saat di lapangan.

Kata Kunci: kurikulum;  merdeka belajar; PJOK

Abstract

The independent curriculum exists as a form to provide a forum for students and educators to be able to innovate in the learning process, especially in PJOK learning, in its own implementation, PJOK learning uses a lot of physical activity.  This study  aims to find out how the implementation of the independent curriculum is implemented in PJOK learning. The method used by the researcher was to conduct interviews with PJOK teachers who taught in independent learning classes and distribute questionnaires to students who participated in independent learning. In PJOK learning, questionnaire questionnaires will later be used as a form of support for the implementation of the independent curriculum in schools. This  research is a type of qualitative descriptive research on PJOK teachers who teach in independent classes then describe the results of interviews and questionnaire questionnaires. Data collection techniques used through interviews and questionnaires. The findings related to the implementation of the independent curriculum in PJOK learning at SMPN 5 Sidoarjo received results with good criteria, this is evidenced by the results of interviews that have been conducted with PJOK teachers at SMPN 5 Sidoarjo starting from understanding, preparing teaching modules and assessments using the independent learning curriculum then also supported by the results of questionnaire questionnaires that have been distributed to students where the results of the questionnaire get results with criteria The good what teachers plan is according to what they experience at the time in the field.

Keywords: Curriculum; Merdeka Belajar; PJOK

Published
2023-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 115