PENGARUH PERMAINAN TEPUK SERVICE TERHADAP HASIL BELAJAR KETEPATAN SERVICE BAWAH BOLAVOLI

  • Putra Faramananda Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dengan melakukan pemberian permainan pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan cara yang benar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.  Salah satunya adalah dengan melakukan pemberian permainan tepuk service, dengan menerapkan sebuah permainan tepuk service dapat diharapkan mampu membawa kondisi pembelajaran kearah yang lebih efektif dan kondusif. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta besarnya penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan permainan tepuk service terhadap hasil belajar ketepatan service bawah studi pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 742 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah sebanyak 2 kelas dari 22 kelas degan jumlah 64 siswa dari 742 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen tes ketepatan service dari AAHPER. Berdasarkan hasil analisis SPSS IBM 21.0. dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian permaianan tepuk service terhadap hasil belajar service bawah bolavoli, dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 2,312 > T Tabel sebesar 2,048 pada taraf signifikansi 0,02 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan besar pengaruh 9,30%.

 

Kata Kunci: permainan tepuk service; ketepatan service bawah; bola voli

Giving games during the implementation learning in the right way can affect student learning outcomes.  One them is by providing a game pat service, by implementing a game pat service can be expected to bring learning conditions to more effective and conducive direction. This research aims to determine the influence and magnitude  the use of learning methods using the pat service game the learning outcomes of the accuracy of service under study in grade X students of SMK Negeri 5 Surabaya. This study uses a type of quasi-experiment with a quantitative approach, the design used in this study is Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The population in this study was the entire class X which amounted to 742 students, while the sample taken amounted to 2 classes from 22 classes with a total of 64 students from 742 students with a sampling technique using cluster random sampling. The data obtained from this study used service accuracy test instrument from AAHPER. Based on the results of IBM SPSS 21.0 analysis. It can be concluded that there is a significant influence the provision of service pat games on the learning outcomes of service under volleyball, evidenced by the results of t count of 2.312 > T Table of 2.048 at a significance level of 0.02 < 0.05 which means that Ha is accepted and H0 is rejected, with a large influence of 9.30%.

 Keywords: game pat service; lower service compliance; volleyball

Published
2023-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 11