HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DENGAN AKTIVITAS GERAK DASAR SISWA

  • Didit Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang kondisi sarana dan prasarana olahraga pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Tujuan dilakukanya penelitian ini yaitu mengetahui kondisi sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah tersebut dan menghubungkan dengan aktivitas gerak dasar yang diperoleh siswa selama pembelajaran, apakah ada keterkaitan atau hubungan antara sarana dan prasarana olahraga dengan aktivitas gerak dasar siswa pada kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Sampel yang diambil sebagai obyek penelitian ini adalah  siswa kelas X-3 di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 3 yaitu instrumen Pangakalan Data Pendidikan Jasmani Olahraga Indonesia (PDPJOI), Analisa Proporsi Fokus (APF), dan Formulative Class Evaluation (FCE). Hasil yang diperoleh dari penelitian mengunakan instrumen PDPJOI memperoleh skor 100 dalam kategori C (Cukup), kemudian hasil instrumen APF yang diikuti oleh 29 siswa memperoleh  nilai prosentase 36,13 % tergolong kategori rendah, dan untuk lembar FCE yang diisi oleh 29 siswa hasil evaluasi setelah pembelajaran memperoleh skor 2,71 termasuk dalam kategori baik. Dapat disimpulkan dari hasil yang disajikan bahwa sarana dan prasarana secara tidak langsung berhubungan dengan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran PJOK.

 Kata Kunci: sarana dan prasarana; aktivitas gerak; siswa

 

 Abstract

This study raises the issue of the condition of sports facilities and infrastructure at SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The purpose of this research is to find out the condition of the facilities and infrastructure in the school and relate it to the basic movement activities that students get during learning, is there a link or relationship between sports facilities and infrastructure with the basic movement activities of students in class X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The type used in this study is correlation. The samples taken as the object of this research were students of class X-3 at SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. There are 3 instruments used in this study, namely the Indonesian Sports Physical Education Data Base (PDPJOI), Focus Proportion Analysis (APF), and Formulative Class Evaluation (FCE). The results obtained from research using the PDPJOI instrument obtained a score of 100 in category C (Enough), then the results of the APF instrument which were followed by 29 students obtained a percentage value of 36.13% belonging to the low category, and for the FCE sheet filled in by 29 students the results of the evaluation after learning obtained a score of 2.71 included in the good category. It can be concluded from the results presented that facilities and infrastructure are indirectly related to student movement activities in PJOK learning.

Keywords: fasilitis and infrastructure; motion activity; student

 

Published
2023-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 62