PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI SMPN 6 NGANJUK

  • Nafi Arozzaq Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran discovery learning ialah model pembelajaran guna memperluas metode pembelajaran dengan menemukan, dan menyelidiki sendiri untuk hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi serta hasil belajar passing dalam pembelajaran sepak bola. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini berjenis eksperimen semu (Quasy-Eksperiment) serta berdesain Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Nganjuk. Populasi berjumlah 62 siswa, sampel penelitian menggunakan kelas VIII-7 dan VIII-6 setiap kelas berjumlah 31 siswa. Pada penelitian ini digunakan pengujian data yakni uji normalitas Kolmogorov Smirnov. Terdapat data dengan distribusi normal karena nilai sig > a (0,05), dan uji homogenitas dengan hasil data dikatakan homogen karena nilai sig > (0,05). Kemudian dilanjutkan uji t-test (Paired Sample T-Test) yang bertujuan untuk mengetahui dari hasil angket motivasi terdapat nilai tidak signifikan dengan nilai sig sebesar (0,054>0,05), pada aspek pengetahuan mengalami kenaikan dengan nilai sig. sebesar (0,036<0,05) persentase 32%, dan terdapat kenaikan pada aspek keterampilan passing nilai sig. sebesar (0,000<0,05) persentase 63,3%.

Kata Kunci: discovery learning; motivasi belajar; hasil belajar.;passing sepak bola.

Abstract

The discovery learning model is a learning model to expand learning methods by finding, and investigating yourself for learning outcomes in students. This study aims to determine the influence of the discovery learning learning model on motivation and passing learning outcomes in football learning. Research with this quantitative approach is a pseudo-experimental type (Quasy-Experiment) and a Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. In this study using purposive sampling in sampling. This research was conducted at SMPN 6 Nganjuk. The population numbered 62 students, the research sample used class VIII-7 and VIII-6 for each class totaling 31 students. This study used a data test, namely the Kolmogorov Smirnov normality test. There is data with a normal distribution because the sig value > a (0.05), and the homogeneity test with the results of the data is said to be homogeneous because the sig value > (0.05). Furthermore, a t-test (Paired Sample T-Test) was carried out to find out from the results of the motivational questionnaire there was an insignificant value with a sig value of (0.054> 0.05), in the knowledge aspect there was an increase with a sig value of (0.036 <0, 05) with a percentage of 32%, and there is an increase in the passing skills aspect with a sig value of (0.000 <0.05) with a percentage of 63.3%.

 

Keywords: discovery learning., learning motivation., learning outcomes., passing football.

Published
2023-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 19