IDENTIFIKASI TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SISWA PUTRA KELAS IX MTS 14 MUHAMMADIYAH LAREN

  • Rizqi Fiantoro Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Keterampilan dalam bermain sepak bola sangatlah dibutuhkan dalam permainan sepak bola sendiri. Sepak bola sendiri terdapat materi pada kelas IX. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keterampilan bermain sepak bola pada siswa ekstrakurikuler putra kelas IX di MTS 14 Muhammadiyah Laren. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di kalangan pelajar, dan melalui ekstrakurikuler ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan teknis dan taktis dalam permainan.  Metode Penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas IX  yang berpartisipasi pada ekstrakurikuler sepakbola di MTS 14 Muhammadiyah Laren, Data didapatkan dari observasi secara langsung dan kuesioner yang disebar kepada seluruh sampel yang difokuskan pada keterampilan menendang dengan kaki dalam, menendang dengan bagian punggung kaki, menyundul dan melempar bola. Dapat diuraikan bahwa nilai teknik menendang dengan kaki bagian dalam 3 siswa dengan kriteria baik, 18 siswa dengan kriteria cukup dan 7 siswa dengan kriteria kurang. Sedangkan teknik menendang pada bagian punggung kaki diperoleh 3 siswa dengan kriteria baik, 17 siswa dengan kriteria cukup dan 8 siswa dengan kriteria kurang. Pada Teknik menyundul bola 12 siswa dengan kriteria baik, 12 siswa dengan kriteria cukup dan 4 siswa dengan kriteria kurang. Pada Teknik melempar bola 15 siswa dengan kriteria baik, 9 siswa dengan kriteria cukup, dan 4 siswa dengan kriteria kurang. Kesimpulan yang diperoleh yaitu keterampilan dasar sepak bola dari beberapa kriteria yang telah dijelaskan 21% dalam kriteria baik, 43% dalam kriteria cukup dan 36 % dalam kriteria kurang.  

Kata Kunci: identifikasi; keterampilan; bermain; sepak bola

Abstract

Skills in playing soccer are needed in the game of soccer itself. Football itself is material in class IX. This study aims to identify the skill level of playing soccer in male extracurricular students in class IX at MTS 14 Muhammadiyah Laren. Football is one of the most popular sports among students, and through this extracurricular, students are expected to be able to develop technical and tactical skills in the game. The research method used is a survey with a quantitative approach. The research sample consisted of 28 class IX students who participated in extracurricular football at MTS 14 Muhammadiyah Laren. Data were obtained from direct observation and questionnaires distributed to all samples which focused on kicking skills with the inside of the foot, kicking with the instep, heading and throwing. ball. It can be described that the value of kicking technique with the inside of the leg is 3 students with good criteria, 18 students with sufficient criteria and 7 students with poor criteria. While the kicking technique on the instep obtained 3 students with good criteria, 17 students with sufficient criteria and 8 students with poor criteria. In the technique of heading the ball 12 students with good criteria, 12 students with sufficient criteria and 4 students with less criteria. In the technique of throwing the ball, 15 students with good criteria, 9 students with sufficient criteria, and 4 students with poor criteria. The conclusion obtained is that the basic skills of soccer from several criteria that have been explained are 21% in good criteria, 43% in sufficient criteria and 36% in poor criteria.  

Keywords: identification; skills; play; football

Published
2023-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 15