MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP CABANG OLAHRAGA PETANQUE DI SMK

  • Ali Irfan Ali Irfan UNESA
  • Nur Ahmad Arief Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Cabang olahraga petanque masuk Indonesia sejak tahun 2018, sosialisasi selalu digencarkan di sekolah-sekolah sebagai wadah pembinaan guna menumbuhkan minat peserta didik terhadap cabang olahraga petanque. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat peserta didik dan faktor yang mendominasi minat terhadap cabang olahraga petanque di SMK YPM 5 Sukodono. Terdapat tujuh faktor yang digunakan sebagai indikator angket yang memiliki validasi lebih dari sama dengan 0,361 dan reliabilitas 0,961. Faktor tersebut terdiri dari faktor perhatian, perasaan senang, aktivitas, pelatih, sarana prasarana, keluarga, dan lingkugan. Sampel penelitian ini ialah kelas X dan XI sebanyak 317 peserta didik sebagai responden dengan menggunakan desain penelitain berupa kuantitatif deskriptif. Prosedur pengunpulan data menggunakan angket minat. Hasil penelitian menyatakan minat peserta didik terhadap cabang olaharaga petanque mencapai x̄=98,74 dan persentase 61,71% terkategori tinggi. Sedangkan faktor yang mendominasi adalah faktor perhatian yang mencapai x̄=15,56 dan persentase 64,85% terkategori tinggi. Minat mereka tergolong tinggi, namun berbanding terbalik dengan yang mengikuti ekstrakurikuler yaitu hanya 16 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan minat peserta didik terhadap cabang olahraga petanque di SMK YPM 5 Sukodono masuk pada jenis expressed interest, artinya minat mereka terhadap cabang olahraga petanque hanya dalam benak dan kata-kata saja, belum sampai titik dimana mereka ingin mewujudkan minat tersebut dalam sebuah tindakan.

Kata Kunci: minat; peserta didik; petanque

Abstract

Petanque sports have entered to Indonesia since 2018, which is always socialized vigorously in schools as a coaching forum to foster students' interest in petanque sports. This study aims to determine the level of interest of students and the factors that dominate interest in petanque sports at SMK YPM 5 Sukodono. There are seven factors used as questionnaire indicators that have validation more than equal to 0.361 and reliability of 0.961. These factors consist of attention, feelings of pleasure, activities, trainers, infrastructure, family, and environment. This study was taken 317 students for samples from grade X and XI as respondents using a descriptive quantitative research design. Data collection procedure using interest questionnaires. The results stated that students' interest in the petanque sports branch reached x̄=98.74 and the percentage of 61.71% was categorized as high. While the dominating factor is the attention factor which reaches x̄=15.56 and the percentage of 64.85% is categorized as high. The results have shown that the students interest is high, but inversely proportional to those who take part in extracurriculars, which is only 16 students. So it can be concluded that students' interest in petanque sports at SMK YPM 5 Sukodono is included in the type of expressed interest, Sukodono is included in the type of expressed interest, so it can be interpreted that their interest in petanque sports only reaches the though and words, not to the point that  they want to realize these interests in an action yet.

Keywords: interest; student; petanque

Author Biography

Nur Ahmad Arief, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Published
2023-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 30