PENGARUH MODEL SMALL SIDE GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA

Authors

  • Ulil Abshar Abdillah Universitas Negeri Surabaya
  • Vega Candra Dinata Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Small side game dapat diartikan sebagai pendekatan kepada anak padasuatu proses pembelajaran yang memiliki fungsi sebagai suatu kesempatan untuk melakukan permainan yang lebih banyak. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai cara untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya pembelajaran small side games pada hasil belajar passing kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbols dan mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar passing kaki bagian dalam pada pembelajaran sepak bola. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposiv sampling, yaitu dengan mengambil sampel dari beberapa pertimbangan dan juga kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sampel yang diteliti, Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas terpilih (1 kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol) pada kelas X SMAN 20 Surabaya. Peningkatan hasil belajar diketahui dari hasil tes pretest dan posttest. Pretest sebesar 59 dan posttest sebesar 84,3 pada aspek pengetahuan, sedangkan aspek keterampilan nilai rata-rata pretest sebesar 47,7 dan posttest sebesar 81,7. Untuk kelas kontrol pretest sebesar 58 dan posttest sebesar 65,4 pada aspek pengetahuan, sedangkan aspek keterampilan nilai rata-rata pretest sebesar 46,8 dan posttest sebesar 76,6. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa simpulan yang didapat dari penerapan model pembelajaran small side games memberikan peningkatan terhadap hasil belajar PJOK materi sepakbola terkait passing kaki bagian dalam kelas X SMAN 20 Surabaya pada aspek pengetahuan dengan nilai sig (0,000<0,05) dengan selisih peningkatan sebesar 30,9. Sedangkan pada aspek keterampilan tidak memmberikan pengaruh.

Kata Kunci : small side games, hasil belajar; sepakbola

Abstract

Small side games can be interpreted as an approach to children in a learning process that has a function as an opportunity to do more games. This research has a goal as a way to find out how influential the learning of small side games is on the learning outcomes of passing the inside leg in soccer learning and to find out how much influence the learning outcomes of passing the inside leg have on learning soccer. The sample technique used in this study was purposive sampling, namely by taking samples from several considerations and also the desired criteria to be able to determine the number of samples studied. The samples in this study were 2 selected classes (1 class as the experimental group and one class as the control group) in class X SMAN 20 Surabaya. Improved learning outcomes are known from the results of the pretest and posttest. The pretest was 59 and the posttest was 84.3 on the knowledge aspect, while the skill aspect was 47.7 on the pretest and 81.7 on the posttest. For the control class the pretest was 58 and the posttest was 65.4 on the knowledge aspect, while the skill aspect was 46.8 on the pretest and 76.6 on the posttest. Based on the results it was obtained that the conclusions obtained from the application of the small side games learning model provided an increase in PJOK learning outcomes in soccer material related to passing the inner leg in class X SMAN 20 Surabaya in the knowledge aspect with a sig value (0.000 <0.05) with an increase difference of 30.9. Meanwhile, the skill aspect does not have an effect.

Keywords: small side games; learning outcomes; football

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 27