PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SOFTBALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK

  • Muhammad Nurafandy Mahasiswa
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran adalah proses pembentukan diri siswa dalam aspek pertumbuhan dan perubahan seperti pembelajaran pendidikan jasmani, tujuan dari pembelajaraan pendidikan jasmani untuk memberikan suatu peningkatan tentang kebugaran jasmani dalam aspek cara bergerak menjadi hidup dengan sehat dan juga membentuk kerja sama dalam tim. Agar pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal, perlunya pembelajaran yang berinovatif. Namun masih banyak yang kita jumpai minimnya pembelajaran pendidikan jasmani yang kurang berinovatif dan sarana prasarana yang terbatas, sehingga membuat motivasi belajar siswa dapat menurun. Alternatif solusinya memberikan suatu permainan baru seperti permainan Softball yang dimodifikasi dari segi peraturan permainan, bahasa permainan dan sarana prasarana permainan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh setelah diberikan penerapan modifikasi permainan Softball untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas XI SMA Dharma Wanita Surabaya. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, sesuai dengan permasalahan yang diangkat jenis eksperimen menggunakan eksperimen murn desain Pre-test dan Post-test Control Group. Penelitian menggunakan sampel murid kelas XI SMA Dharma Wanita Surabaya, dengan kelompok ekperimen berjumlah 29 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 32 siswa. Setalah melakukan pengambilan data, data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian dapat kita ketahui tidak terdapat pengaruh dalam penerapan modifikasi permainan Softball untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu terbukti dari hasil data penelitian menghasilkan nilai Post-test angket motivasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan Thitung > Ttabel yaitu 0,896 > 0,132.

Kata Kunci: modifikasi; permainan softball; motivasi belajar siswa

Abstract

Learning is a process in the formation of students in aspects of growth and change such as physical education learning, the purpose of physical education learning to provide an improvement in physical fitness in the aspect of how to move into a healthy life and also form teamwork. In order for learning to be carried out optimally, the need for innovative learning. However, there are still many that we encounter the lack of physical education learning that is less innovative and limited facilities, thus making student learning motivation can decrease. The alternative solution is to give them games they have never played such as softball games that are modified in terms of game rules, game language and game infrastructure. The purpose of this study was to determine how much influence after being given the application of softball game modifications to increase student learning motivation in PJOK learning in grade XI students of SMA Dharma Wanita Surabaya. This research uses a quantitative approach, with a type of experimental research, namely pure experimental Pre-test design and Post-test Control Group. The study used a sample of grade XI students of SMA Dharma Wanita Surabaya, with an experimental group of 29 students and a control group of 32 students. After collecting data, the data obtained from the implementation of the research can be seen that there is no effect in the application of modifications to the Softball game to increase student learning motivation. This was evident from the results of the the research data which produced Post-test motivational questionnaire scores for the experimental group and the control group showing Tcount  >  Ttabel namely 0.896 > 0.132

Keywords:  modification; softball game; student learning motivation

Published
2023-09-29
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 8