PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET DI UPT SMPN 9 GRESIK
Abstract
Abstrak
Media audiovisual merupakan alat bantu untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik melaluai indera pengelihatan dan indera pendengaran. Diharapkan dengan menggunakan media audiovisual proses penyampaian materi pada saat proses pembelajaran lebih mudah diterima peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal, khususnya pada materi dribble pada permainan bola basket. Pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar dribble bola basket di UPT SMPN 9 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di UPT SMPN 9 Gresik dengan jumlah 256. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster ramdom sampling dengan cara pengundian, hasil dari pengundian sampel tersebut yaitu kelas VII E. Pengambilan data menggunakan standar dua bagian, yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan melalui pre-test dan post-test. Setelah pengolahan data terdapat informasi perolehan nilai rata-rata pretest pengetahuan adalah 28.40 sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 63.45 nilai rata-rata pretest keterampilan adalah 41.80 Untuk posttest meningkat menjadi 85.21 dalam penelitian ini uji beda menggunakan uji wilcoxon dengan nilai signifikan 0,00. Persentase peningkatan untuk pengetahuan sebesar 12,34% sedangkan keterampilan sebesar 10,34% dapat ditarik kesimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran materi dribble bola basket pada siswa kelas VII E di UPT SMPN 9 Gresik.
Kata Kunci: audiovisual; hasil belajar; dribble bola basket
Abstract
Audiovisual media is a tool for conveying information to students thriugh the senses of sight. It is hoped that by using audiovisual media the process of delivering material during the learning process is more easily accepted by students so that it can increase maximum learning outcomes, especially in dribble material in basketball games. This study aims to determine the effect of audiovisual media on learning outcomes of basketball dribble at UPT SMPN 9 Gresik. This study used a quasi-experimental method with a quantitative approach. By using the one group pre-test post-test design. The population in this study were class VII students at UPT SMPN 9 Gresik with a total of 256. The sample selection used the cluster ramdom sampling technique by drawing lots, the results of the sampling were class VII E. Data collection uses a two-part standard, namely aspects of knowledge and aspects of skills through pre-test and post-test. After processing the data, there is information that the average pretest for knowledge is 28.40 while the posttest score increases to 63.45 the average pretest for skills is 41. 80 for the posttest it increased to 85.21 in this study the different test used the wilcoxon test with a significant value of 0,00. The percentage increase for knowledge was 12.34% while for skills was 10.34%, it can be concluded that there was a significant increase in the use of audiovisual media in learning basketball dribble material in class VII E students at UPT SMPN 9 Gresik.
Keywords: audiovisual; learning outcomes; dribble basketball