PENGARUH PECING PAD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENCAK SILAT

  • Moh Saiful Yoga Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Hamdani Hamdani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pencak silat adalah seni beladiri warisan budaya yang diwariskan secara turun temurun asli dari bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan tidak boleh diabaikan oleh generasi selanjutnya dan masuk pada materi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, sehingga perlu diajarkan kepada siswa dengan menumbuhkan minat terhadap pencak silat, agar siswa tertarik untuk belajar dan melestarikannya. Dengan minat belajar pencak silat yang tinggi akan berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pecing pad terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi pencak silat. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sampel 30 siswa kelas VIII A SMP Muallimin Wonodadi Blitar 2023/2024 dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket minat, soal pilihan ganda dan lembar penilaian keterampilan, yang dilakukan dengan dua kali pertemuan untuk pretest dan posttest. Peningkatan minat dan hasil belajar diketahui dari nilai minat serta hasil tes pretest-posttest angket dan instrumen. Minat hasil pretest sebesar 63,18 dan posttest sebesar 66,71 selisih sebesar 3,35% Z = -3,074 dan P = 0,002<0,05. Pretest pengetahuan sebesar 53,57 dan posttest sebesar 69,11 selisih sebesar 15,34% Z = -4,501 dan P = 0,000<0,05 . Dan hasil dari analisis pretest keterampilan sebesar 60,24, Posttest sebesar 80,74 selisih 20,5% Z = -4,788 P = 0,000<0,005. Hasil dari penerapan pecing pad terdapat pengaruh yang signifikan teradap minat, pengetahuan, dan keterampilan siswa terhadap materi pencak silat terkait tendangan.

Kata Kunci: pencak silat; minat; hasil belajar; pecing pad

Abstract

Martial art is a cultural heritage martial art passed down from generation to generation original from the Indonesian nation that must be preserved and should not be ignored by the next generation, so it must be taught to students by fostering interest in martial art, so that students are interested in learning and preserving it. Students' knowledge and skills will be influenced by their strong passion in mastering martial arts. The purpose of this study is to see how employing pecing pads affects student engagement and learning results in martial arts content. This study is a pre-experimental design using a quantitative approach that employs a one-group pretest-posttest design. This study employed cluster random selection to choose 30 students from class VIII A Muallimin Wonodadi Junior High School in Blitar 2023/2024. This study instrument included an interest questionnaire, multiple choice questions, and skill evaluation sheets, and it was administered in two meetings for the pretest and posttest. The interest score, as well as the pretest- posttest test findings of the questionnaire and instrument, show an increase in interest and learning outcomes. The pretest interest was 63.18 and the posttest was 66.71 with a difference of 3.35% Z = -3.074 and P = 0.002 <0.05. The knowledge pretest was 53.57 and the posttest was 69.11, a difference of 15.34% Z = -4.501 and P = 0.000 <0.05. And the results of the skill pretest analysis amounted to 60.24, Posttest amounted to 80.74 difference of 20.5% Z = -4.788 P = 0.000 <0.005. The results of the application of pecing pad there is a significant influence on the interest, knowledge, and skills of students on martial art related to kicks.

Keywords: martial art; interests; learning outcomes; pecing pad


 

Published
2024-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 39