PENGARUH MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VII SMPN 1 WULUHAN

  • Muhammad Salman Ta'afian Unesa
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

dari kurikulum sekolah umum. Sebagai mata pelajaran yang diperlukan, pendidikan jasmani memiliki peran vital dalam membentuk kepribadian dan meningkatkan kemampuan berpikir melalui aktivitas fisik. Fokus utama dari pendidikan jasmani tidak hanya terbatas pada pengembangan keterampilan fisik saja, tetapi juga memiliki potensi untuk mendukung perkembangan komprehensif peserta didik, termasuk aspek kognitif, emosional, dan motorik. Keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran dapat diukur melalui pencapaian tujuan pembelajaran, yang dapat dinilai berdasarkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar termasuk penggunaan berbagai jenis media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan beragam alat yang mendukung penyampaian materi pembelajaran dengan lebih baik. Salah satu alat pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah penggunaan media kartu tugas gerak. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh yang signifikan dari penggunaan kartu tugas gerak sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan tentang kebugaran fisik pada siswa kelas VII di SMPN 1 Wuluhan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sebanyak 32 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, dan data dikumpulkan melalui tes pengetahuan sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran tersebut. Hasil analisis data menggunakan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26 menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu tugas gerak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman materi kebugaran jasmani. Perhitungan efek dari media pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 46,69%.   

Kata Kunci: media belajar kartu; hasil belajar; kebugaran jasmani

Abstract

Physical education is an integral part of the public school curriculum. As a necessary subject, physical education has a vital role in shaping personality and improving thinking skills through physical activity. The success of a learning activity can be measured through the achievement of learning objectives, which can be assessed based on student learning outcomes. Factors that influence learning outcomes include the use of various types of learning media. Learning media is a variety of tools that support the delivery of learning materials better. One of the learning tools that can improve the learning process in Physical Education Sports and Health is the use of motion task card media. This study aimed to evaluate the significant effect of using motion task cards as learning media on improving knowledge about physical fitness in seventh grade students at SMPN 1 Wuluhan. This study used a quasi-experimental method with a One Group Pretest-Posttest design. A total of 32 students participated in this study, and data were collected through knowledge tests before and after the application of the learning media. The results of data analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) software version 26 show that the use of motion task card learning media has a significant effect on understanding physical fitness material. The calculation of the effect of the learning media shows an increase in learning outcomes of 46.69%.

Keywords: content; formatting; article

Published
2024-02-12
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 5