TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM KETERAMPILAN GERAK PERMAINAN BULUTANGKIS SMA BOJONEGORO KELAS X

  • Puji Utomo Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ahmad Arief Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar secara aktif dan berkembang  Salah satu materi pembelajaran dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) adalah cabang permainan bulutangkis. Harapan guru PJOK  siswa mampu untuk menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri tentang permainan bulutangkis khususnya pada keterampilan gerak, tetapi dalam kenyataanya justru siswa kurang mampu untuk memahamai keterampilan gerak permainan bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat pemahaman siswa dalam keterampilan gerak permainan bulu   tangkis pada SMA Bojonegoro Kelas X  . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan angketguru dan  soal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Kalitidu, SMAN 1 Sugihwaras, dan SMAN 1 Sumberrejo dengan jumlah siswa sebanyak 700 siswa, akan tetapi pada saat penelitian ada beberapa siswa dan sekolah yang sedang melaksanakan kegiatan perkemahan di luar sekolah, sehingga jumlah responden menjadi 633 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berbentuk angket/kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan persentase.Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa Tingkat pemahaman siswa dalam keterampilan gerak permainan bulu   tangkis pada SMA Bojonegoro Kelas X, yaitu dengan jumlah 71 siswa (11,2%) mempunyai tingkat pemahaman permainan bulutangkis dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 155 siswa (24,5%) mempunyai kategori tinggi, sebanyak 185 siswa (29,2%) mempunyai kategori sedang, sebanyak 163 siswa (25,8%) mempunyai kategori rendah, dan sebanyak 59 siswa (9,3%) mempunyai kategori sangat rendah.

Kata Kunci: pemahaman; keterampilan gerak; bulutangkis

Abstract

Education is a conscious and planned effort to create an active and developing learning atmosphere. One of the learning materials in sports and health physical education (PJOK) is the branch of the game of badminton. The PJOK teacher hopes that students are able to interpret and restate in their own words about badminton games, especially in movement skills, but in fact students are less able to understand the motion skills of badminton games. This study aims to determine the level of students' understanding of movement skills in playing badminton at SMA Bojonegoro Class X. This research is a descriptive study with data collection techniques using questionnaires and student questions. The population in this study were all students of class X at SMAN 1 Kalitidu, SMAN 1 Sugihwaras, and SMAN 1 Sumberrejo with a total of 700 students, but at the time of the study there were several students and schools carrying out camping activities outside school, so that the number respondents to 633 students. The instrument used is in the form of a questionnaire / questionnaire. Data analysis techniques used quantitative descriptive analysis and percentages. The results showed that the level of student knowledge. very high, as many as 155 students (24.5%) have a high category, as many as 185 students (29.2%) have a moderate category, as many as 163 students (25.8%) have a low category, and as many as 59 students (9.3 %) has a very low category.

Keywords: understanding; movement skills; badminton

Published
2024-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 13